Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SEPELE OF DOSA-DOSA

oleh: Muhammad Hadiyan

Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Tidak ada di dunia ini manusia yang tidak pernah melakukan dosa kecuali para nabi dan rasul. Karena memang nabi dan rasul dijauhkan oleh Allah dari perbuatan keji dan dosa atau ma’sum. Melakukan dosa lalu bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat maka Allah akan mengampuni. Namun sebaliknya jika bertaubat tetapi hanya formalitas tanpa diniati maka Allah tidak akan mengampanu

Semua dosa besar maupun kecil merupakan bentuk maksiat kepada Allah. Dosa besar memang dosa yang akan membuat murka Allah bahkan bisa menurukan adzab. Sudah seharusnya orang muslim tidak bermaksiat kepada Allah. Dosa kecil pun bisa menjadi dosa besar manakala dilakukan secara berulang-ulang. Seperti gunung yang terdiri dari kerikil-kerikil kecil terkumpul satu demi satu lama lama akan membentuk gunung.

Contoh dosa yang sepele adalah membuang sampah sembarangan. Memang ini terdengar sepele namun perbuatan tersebut tidak seharusnya dilakukan. Bayangkan ada seribu orang, setiap orangnya buang satu sampah di sungai. Maka pasti sungai tersebut pasti penuh dengan sampah dan membawa petaka bagi manusia.

Secara syariat buang sampah merupakan perbuatan tercela. Ungkapan yang sering didengar adalah kebersihan sebagian dari iman. Namun justru hal ini hanya sebuah ungkapan tanpa ada realisasi.
Banyak juga mahasiswa setelah makan langsung membuang sampah begitu saja, tidak membuang pada tempat yang sudah disediakan. Mahasiswa yang notabenenya orang berintelek, daya pikir yang tinggi, dan semangat yang membara, apakah benar buang sampah sembarangan adalah kebiasaan mereka. Ilmu setinggi langit, ijazah sebanyak apapun tetapi kebiasaan buang sampah masih dilakukan. Maka orang tersebut tidak memiliki ilmu yang manfaat.


Pondok Pesantren Darun Nun
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar