Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Semarak Literasi PP. Darun Nun 2019


Literasi di Indonesia harus selalu disyiarkan, disiyarkan dan dilakukan. Ia adalah masa depan suatu bangsa, semakin tinggi semangat berliterasi yang diperjuangkan dan diamalkan, semakin tinggi peradaban yang bangunnya. Sebaliknya, bila literasinya rendah, akan rendah pula peradabannya. Lihatlah, bagaimana peradaban awal Islam yang digerakkan dengan literasi, bagaimana perdaban Barat yang juga  ramai dengan literasi, apakah Indonesia sepi literasi, tidak juga, hazanah Indonesia luar biasa, hanya butuh penguatan dan disemarakkan lagi. Potensi itu sudah bagus, namun hasil penelitian yang marak bahwa Indonesia menempati nomor buncit. 

Literasi makna lughahnya adalah orang yang belajar. Orang belajar untuk mengetahui, memahami, menemukan, mencari dan mendapatkan informasi. Secara istilah suatu kecakapan seseorang untuk menggunakan daya dan kemahiran dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca (Qiraah) dan menulis (Kitabah). Maka, literasi dalam istilah bahasa Arab adalah kitabah dan Qiraah. Sederhananya kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Untuk memberikan rasa cinta pada keduanya, itu tidak mudah, butuh perjuangan, buktinya, banyak yang nasih tidak suka membaca apalagi menulis.

Semarak Literasi PP. Darun Nun ini bagian dari aksi untuk mensyiarkan literasi, betapa literasi itu penting, selain kegiatan seminar kepenulisan dan lain-lainnya, juga diadakan berbagai lomba, ada lomba cipta puisi berskala Nasional (menulis), lomba Qiroah Qutub Turastiah (membaca), Qiraah Qisshah (story telling) dan berbagai lomba lainnya. 

Lomba seperti ini perlu untuk selalu disemarakkan, agar ada kompetisi dalam membaca dan menulis, selain selalu mengkampanyekan pentingnya membaca dan menulis bagi seseorang.

---------------------------------------------------------------------------
Ahsan tabrikat wa tahani lil Lajnah tanfidziyah PP. Darun Nun Darunnun Nun. Terima kasih bazzab MAN 1 Kota Malang, tempat yang asyik, nyaman dan luar biasa. 

Share on Google Plus

About halimizuhdy.com

0 komentar:

Posting Komentar