Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

KETIKA RAHMAN DAN RAHIM-MU BERSANDING



Oleh Mutiara Rizqy Amalia
Ketika jarak ruhaniyah yang jauh dengan kekasih, maka akan terlihat respek lebih ketika bertemu. Al-Qur'an, sebuah kitab mulia yang Allah turunkan pada Bulan Ramadhan ini juga datang dari tempat yang jauh, yaitu langit ke-tujuh. Apapun yang ada kaitannya dengan al-Qur'an menjadi mulia. Makkah, menjadi tempat termukian sebab turunnya al-Qur'an. Baginda Muhammad yang menerimanya, menjadi manusia termulia di dunia. Malaikat Jibril, sebagai perantara menjadi malaikat termulia.
Lantas, jika hati kita terdapat al-Qur'an al-Karim, bagaimana mungkin Allah tidak menghadirkan kemuliaan pada diri kita? Sangat mungkin dengan segala kehendakNya.
Surat al-Fatihah menjadi surat pembuka dalam al-Qur'an, atau bida disebut dengan Ummul Qur'an. Surat ini menggambarkan isi al-Qur'an hanya dengan tujuh ayat dan diawali dengan bacaan Bismillahirrahmanrirrahim. Di dalam Bahasa Arab ada 2 kalimat, kalimat lengkap dan tidak lengkap. Perhatikan! Bahwa al-Qur'an mengawali dengan Bismillah, Dengan menyebut nama Allah, apakah kalimat lengkap? Tentu tidak. Beberapa Mufassir mengemukakan beberapa pendapat :
1. Bahwa ada kalimat sebelumnya untuk membentuk kalimat ini. Ditiadakannya kalimat sebelumnya ada tujuan, bahkan bukan kalimat sebelumnya, taqdirnya adalah kalimat sesudahnya. Secara langsung, Allah menunggu kita, orang islam dirindukan oleh Allah atas pekerjaannya.
Beberapa hikmah Basmalah
1. Dia melibatkan Allah SWT, apaun Allah adalah yang pertama. Lalu apa bedanya mengucapkan basmalah dengan tidak? Yaitu, pekerjaan akan lebih barokah.
2. Untuk menyadari pekerjaan kita ditujukan untuk Allah SWT, karena pekerjaan tergantung kepada siapa yang diniatkan.
Kata ismun berfungsi untuk meninggikan sesuatu, menghormati seseorang, dan juga sebagai tanda yang paling indah. Setelah kata ismun terdapat nama Allah.
Kata Allah dari 3 kata :
1. Aliha, bermakna yang disembah
2. Alaha, bermakna yang dibutuhkan, dependen kepada Allah
3. Alwalah, bermakna tidak ada kebahagiaan jika tidak ada yang dicintai.
Kenapa kata bismi bersanding dengan Allah? Padahal banyak nama-nama Allah yang baik. Kenapa tidak Bismirrahman, Bismirrahim? Padahal kita diperintahkan untuk mengagungkan nama-namaNya. Karena, semua nama-nama yang baik tersebut jika dirangkum semuanya, maka kalimat yang muncul adalah Allah.  Maka Bismillah disambung dengan ar-Rahman dan ar-Rahim, Allah perlu mengenalkan kepada kita sifat yang lebih dominan, maka menjadi Bismillahirrahmanirrahim.




Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar