Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

INDONESIA PUNYA 35 PROVINSI ?




Oleh: Nety Novita Hariyani

            Semenjak Kalimantan Utara disahkan menjadi provinsi baru di Indonesia pada tanggal 25 oktober 2012. Muncul berbagai daerah yang dijadikan kategori calon provinsi baru kedepannya. Seorang peneliti, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan RI, Rita Helbra Tranrini menuturkan bahwa alasan pemerintah melakukan pemekaran daerah didasarkan atas munculnya ketidakmerataan dan ketidakadilan antara daerah satu dengan daerah lainyya, perbedaan budaya (etnis), dan daerah yang terlalu luas sehingga pelayanan dan fasilitas yang ada tidak efektif dan efisien, serta pertimbangan pemerintah lainnya.
            Dilansir dari berita Sumatera Deadline, wacana mengenai provinsi Sumatera Selatan yang akan dibagi menjadi 2 provinsi, yakni Sumatera Selatan dan Sumatera Selatan Barat terus digulirkan. Kota Lubuklinggaulah yang menjadi pertimbangan penuh untuk dijadikan Provinsi Sumatera Selatan bagian Barat nantinya. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Anggota Komite I DPD RI, H. Hendri Zainudin bahwa kunjungannya bersama tim ke Kota Lubuklinggau bertujuan untuk memeriksa serta mensurvey langsung kota tersebut.
            Terkenal dengan sebutan Bumi Silampari oleh masyarakat setempat, Kota Lubuklinggau terletak pada bagian paling barat wilayah provinsi Sumatera Selatan serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Kota ini menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Sekitar 15 menit dari pusat kota, bandar Udara Silampari beroperasi. Tentunya menjadi sesuatu yang tidak lumrah karena dalam satu provinsi terdapat dua bandara yang berfungsi, yakni Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Bandar Udara Silampari Lubuklinggau.
            Fasilitas infrastruktur yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau saat ini semakin hari semakin mengalami kemajuan. Mulai dari kantor hingga pelayanan yang tersedia lainnya. Tempat ibadah seperti masjid Agung Assalam menjadi icon utama kota ini, karena mayoritas masyarakat menganut agama Islam sehingga pemerintah berusaha kuat untuk terus memberikan pelayanan yang memadai demi kenyamanan seluruh masyarakat muslim setempat maupun yang singgah di masjid tersebut.
            H. SN Prana Putra Sohe, Walikota Lubuklinggau menuturkan bahwa wacana mengenai pemekaran daerah ia sambut dengan baik. Namun untuk saat ini ia harus mengemban tugasnya sebagai walikota terlebih dahulu dalam mensejahterakan rakyatnya ketimbang terlalu berambisi menjadikan kota Lubuklinggau sebagai provinsi baru. Orang nomor satu di Kota Lubuklinggau ini menambahkan bahwa apa gunanya menjadi sebuah provinsi, jika masyarakat kota yang ia pimpin sekarang belum sejahtera dan pembangunan banyak yang belum terlaksana.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

1 komentar: