Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

ANALISIS GENDER dan PERUBAHANNYA DALAM SOSIAL


oleh: Astri Liyana  
Judul buku           :  Analisis Gender dan Transformasi Sosial
Nama Pengarang : DR. Mansour Fakih
Nama Penerbit      : Pustaka Pelajar
Ketebalan Buku   : 186 halaman
Tahun Terbit        : 1999

Buku yang berjudul Analisis Gender dan Transformasi Sosial yang dikarang oleh DR. Mansour Fakih. Beliau  pernah bekerja sebagai tenaga penyuluh lapangan pada program pengembangan indusri kecil di LP3ES Jakarta, kemudian pindah ke Lembaga Studi Pembangunan (LSP). Sedangkan kesibukan lainnya adalah sebagai peneliti, konsultan dan fasilitator pelatihan. Selain itu, beliau juga merupakan pengarang buku Peran Masyarakat Sipil dalam Transformasi Sosial: Kasus Gerakan LSM Indonesia (diangkat dari disertasi). Dan kini beliau menjabat sebagai Country Representative OXFAM UK and Ireland, di Indonesia.

Memerangi ketidakadilan sosial yang kerap kali terjadi pada perempuan telah melahirkan berbagai analisis dan teori sosial yang berpengaruh dalam masyarakat. hingga saat ini masih banyak masyarakat yang salah memahami makna gender yang sesungguhnya, karena pada dasarnya konstruksi sosial justru dianggap sebagai kodrat yang berarti ketentuan biologis atau ketentuan tuhan. Padahal kenyataannya tidak demikian. Oleh karena itu, buku ini akan memaparkan mengenai analisis gender yang lebih komprehensif, memberi makna, konsepsi, asumsi, ideologi dan praktik hubungan antara kaum laki-laki dan perempuan serta implikasinya terhadap kehidupan sosial yang lebih luas (sosial, politik, ekonomi, kultural). Namun, buku ini lebih memaparkan tentang masalah-masalah emansipasi kaum perempuan dalam kaitannya dengan masalah ketidakadilan dan perubahan sosial dalam konteks yag lebih luas.

Kelebihan buku ini adalah pemaparan secara jelas mengenai perspektif kesetaraan gender dan pemahaman paradigma kaum perempuan terhadap norma-norma yang belaku di masyarakat. Cover buku ini cukup indah, karena desainnya sederhana namun menarik untuk dilihat. serta judulnya sangat menarik yaitu adanya kata “Transformasi”  yang jarang sekali digunakan untuk judul buku, sehingga membuat pembaca penasaran dengan maksud kata tersebut dan apa yang terkadung di dalamnya. Selain itu, buku ini berbentuk seperti buku-buku cerpen pada umumnya sehingga tidak membosankan ketika membacanya.

Kekurangan buku ini adalah banyaknya istilah-istilah asing dan tidak disertai footnote mengenai istilah tersebut, sehingga pembaca kesulitan dalam memahami maknanya. Selain itu, kurangnya pemaparan penulis terhadap beberapa pengertian yang ditulisnya. Sehingga, pesan yang ingin disampaikan penulis tidak tersampaikan kepada pembaca. Namun, secara keseluruhan buku ini sangat rekomendasi sekali, karena buku ini memberikan paradigma baru untuk menambah, melengkapi analisis sosial yang telah ada.





Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar