Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Tersenyumlah ! Maka Dunia Akan Terlihat Indah




Oleh Zayyin Amalia

Dalam sebuah hadits telah dijelaskan : تبسمك في وجه أخيك لك صدقة  “Senyum mu dihadapan saudaramu (sesamamuslim) adalahsedekah bagimu”.  Sebuah senyuman  memanghanya kata sepele dan simple, namun dengan senyuman itu bisa membawa semangat dan energy positif bagi orang-orang dilingkungan sekitar kita .Menurut penelitian, tersenyum dapat memprediksi  lamanya usia manusia dan membua tawet muda. Dengant ersenyum  berarti kita telah membagikan kebahagiaan kepada orang lain dan tentunya supaya mereka dapat merasakan kebahagiaan kita pula .

Rasakanlah ketika seseorang dalam suasana bad mood atau sedih maka jika mereka mendapat kan sebuah senyuman dari seseorang yang mana senyuman tersebut merupakan hal penting dan mereka butuhkan, karena dengans enyuman itudapat diartikan bahwasannya masih ada yang peduli dan perhatian meski hanya dalam bentuk sebuah senyuman kecil tapi terasa hangat bagi yang melihatnya . Karena jika senyuman itumengalir ke semua orang, maka dunia akan terlihat sangat cerah dengan senyuman yang terpancar dari wajah-wajah penghuni yang ada di dunia ini, namun ketika wajah-wajah itu hanya menggambarkan kesedihan dan kemurugan, maka suramlah dunia karena taka da pancaran sinar senyum dari penghuninya .

Dengan tersenyum juga dapat mempengaruhi banyak hals eperti menghilangkan takut ,khawatir, atau perasaan-perasaan yang membuat hati tidak nyaman, sebuah senyuman merupakan Bahasa tubuh yang dapat merubah suasana hati setiap orang . Charles Schwab berkata “bahwa senyuman itu bernilai sejuta dolar” mengap ademikian ? Karena itu semua tergantung dari diri sendiri . Charles berkata demikian karena tersenyum adalah kepribadian dirinya, menurutnya senyumadalah daya tarik dan suatu kemampuanuntuk membuat orang lain menyukainya. Pengaruh senyum itu memang sangat luarbiasa .

Ada beberapa faktor dan efek positif yang dapat dihasilkan dari sebuah senyuman, beberapa di antaranya adalah :
-      Tersenyum adalah ibadah, efek ini sesuai dengan hadits yang sudah tertera diatas karena    shodaqoh adalah salah satu bentuk dari ibadah ,shodaqoh untuk saudara bagi sesama muslim atau pun kepada non muslim .
-     Tersenyum mampu merubah suasana, meskis uasana hati seseorang dalam keadaan campur  aduk dan banyak masalah, namun jika semua masalah  itu dibuat tersenyum maka susana dan sekitar akan  terlihat indah dan tanpa masalah .
-   Tersenyum untuk kesehatan wajah, seperti yang dikatakan pengamat diatas  bahwasannya senyum dapat membuat awet muda dan termasuk salah satu olahraga yang baik, mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya .
- Tersenyum dapat memancarkan aura positif, aura positif tersebut dapat diartikan dapat mengalir dan mempengaruhi orang sekitar untuk berbahagia meski dengan hanya senyuman .

Mungkin banyak sebagian dari orang-orang yang berpandapat bahwa tersenyum juga  sebuah kemunafikan yang tak terlihat, memang pada dasarnya kita sebagai manusiatak dapatdipungkiri bahwa bagaimanapun keadaannya pasti sering mengeluh dan memberontak. Meski pada dasarnya begitu kita harus tetap ikhlas dan selalu menjaga senyum kita, karena Bahagia adalah pilihan dan bukan bahagia yang membuat kitatersenyum namun tersenyumlah yang membuat kita bahagia .

Anda ingin bahagia, anda ingin disenangi semua orang ? maka tersenyumlah di setiap keadaan, bukan hanya dalam kesenangan tetapi juga dalam keadaan tersulit yang sedang anda hadapi. Ada sebuah pepatah mengatakan  “dunia slalu terlihat lebih cerah dibalik sebuah senyuman” . Senjata paling ampuh adalah senyuman, tersenyumlah kapanpun, dimanapun, dan untuk siapapun karena meski hanya sebuah senyuman namun memiliki banyak makna dan menjadi hal yang sangat luarbiasa.



 Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Perum Bukit Cemara Tidar F3 No.4
Darunnun.com
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar