Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TENTANG KOTA BLITAR



Oleh: Hilmi Gholi Hibatulloh


Blitar merupakan sebuah daerah yang ada di bagian selatan provinsi Jawa Timur Indonesia, tepatnya disebelah barat dari Kota Malang. Kota Blitar merupakan kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi dan budaya. Kota Blitar sendiri memiliki beberapa julukan yang terkenal yaitu, Kota Proklamator atau Kota Patria.
 Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air). Mengapa bisa disebut sebagai Kota Peta?, karena dahulu ketika Indonesia masih dalam masa penjajahan Jepang Soeprijadi memimpin Laskar Peta unruk melakukan perlawanan terhadap pemerintahan jepang pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang memotivasi daerah lain untuk melakukan perlawanan.
Kota Blitar adalah kota dimana proklamator Indonesia pernah tinggal dan dibesarkan beliau adalah presiden pertama republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Kota ini juga tempat dimana ayahanda dan ibunda dari presiden republik Indonesia pertama disemayamkan.
  Kota Blitar merupakan daerah yang mempunyai masyarakat atau orang-orang yang ramah-ramah dan bertoleransi. Kota Blitar merupakan daerah yang sangat nyaman dan damai, yang mempunyai pariwisata menarik dan bersejarah. Yang dimana kita bisa mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia. wisata-wisata tersebut yaitu: Makam Bung karno, Istana gebang atau disebut juga dalem gebang, kampong coklat dan masih banyak tempat yang dapat dikunjungi lainya.
      Makam Bung Karno terletak disebelah utara Kota Blitar, tepatnya di Jalan Ir. Soekarno yang berada di daerah Bendogerit Kecamatan Sananwetan. Di Makam Bung Karno ini terdapat beberapa tempat-tempat yang harus dikunjungi bila berkunjung kesini antara lain: ruang dokumentasi kegiatan Bung Karno, perpustakaan yang didalamnya banyak buku tentang Bung Karno, dan juga komplek yang ada disekitar makam. Jika belum puas mengetahui tentang sejarah Bung Karno maka bisa melanjutkan menuju Istana Gebang.
Istana Gebang adalah rumah kediaman mantan Presiden Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur. Rumah ini berada di Jalan Sultan Agung Blitar, sekitar 2 kilometer ke selatan dari Makam Bung Karno. Di Istana Gebang ini kita akan dapat menemui banyak sekali barang peninggalan dari sang Proklamator. Mulai dari perabotan rumah, tempat tidur, kursi dan juga benda- benda kuno lain seperti mesin ketik, radio dan telepon rumah yang menggingatkan kita akan masa kehidupan beliau.
Selain dari dua tempat bersejarah tadi kita juga dapat mengunjungi tempat wisata yang tergolong baru, karena baru pada tahun 2013 tempat wisata ini mulai berdiri dan terkenal oleh masyarakat indonesia, yaitu kampong coklat. Kampong  coklat ini terletak di  Jl. Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kademangan Blitar. Untuk yang berangkat dari Kota Blitar, membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk mencapai lokasi ini dengan menggunakan rute ke arah pantai tambak rejo melalui Kademangan. Di kampong coklat ini kalian akan di suguhkan dengan pemandangan kebun coklat dan yang sudah ditata dengan rapi. Dan disekitarnya terdapat outlet-outlet yang menyediakan jajanan yang terbuat dari coklat. Di tempat ini juga terdapat cooking class khusus makanan berbahan dasar coklat.
Selain dari tempat-tempat wisata yang telah disebutkan tadi kalian juga dapat menikmati sebuah event yang hanya ada setiap bulan April di kota Blitar. Yaitu sebuah acara yang dinamakan dengan Blitar Tempo Dolou”, sebuah event yang diselenggarakan di Kota Blitar dengan menampilkan sebuah pameran yang didalamnya berisi barang-barang dan makanan khas pada jaman dulu, yang pada zaman sekarang sudah susah dijumpai.

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar