Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SEJARAH BERDIRINYA DINASTI ABBASIYAH

 
Oleh: Hilmi Gholi Hibatullah

       Dinasti Abbasiyah didirikan pada tahun  132H/750M, oleh Abul Abbas Ash-Shafah, dan sekaligus sebagai khalifah pertama. Kekuasaan dinasti Abbasiyah berlangsung dalam rentang waktu  yang panjang yaitu selama lima abad dari tahun 132-656 H (750 M-1258 M). berdirinya pemerintahan ini dianggap sbagai kemenangan pemikiran yang pernah dikumandangkan oleh Bani Hasyim (Alawiyun) setelah meninggalnya Rasulullah dengan mengatakan bahwa yang berhak untuk berkuasa adalah keturunan Rasulullah dan anak-anaknya.(Munir, 2009, h.118)
Awal berdirinya Dinasti Abbasiyah diawali dengan propaganda yang dilaksanakan dengan strategi yang cukup matang sebagai gerakan rahasia oleh Imam Ibrahim. Akan tetapi, Imam Ibrahim pemimpin Abbasiyah yang berkeinginan mendirikan kekuasaan Abbasiyah, gerakanya diketahui oleh khalifah umayyah terakhir Marwan bin Muahmmad dan akhirnya tertangkap oleh pasukan Bani Umayyah dan di penjarakan di Harran sebelum di eksekusi. Karena tahu bahwa dia akan di eksekusi Ibrahim mewasiatkan kepada adiknya Abul Abbas unruk menggantikan kedudukanya dan pemimpin propaganda dibebankan kepada Abu Salamah.(Munir, 2009, h.119)
Penguasa Umayyah di kufah, Yazid bin Umar bin Hubairah, ditaklukan dan di usir. Akan tetapi masih tersisa khalifah Umayyah terakhir, Marwan bin Muhammad yang melarikan diri dan dikejar oleh salh seorang paman Abul Abbas. Akhirnya pada tahun 132 H/750 M dibawah pimpinan Salih bin Ali, salah seorang paman Al-Abbas. Dinasti Umayyah ditaklukan dan saat itu juga berakhir masa kekuasaan Dinasti Umayyah, dan berdirilah Dinasti Abbasiyah yang dipimpin oleh Abul Abbas Ash-Shaffah dengan pusat kekuasaan awalnya di kufah.(Munir, 2009, h.120)

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar