Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PROFIL MASJID BAITURRAHMAN SEBAGAI SENTRAL KEGIATAN PESANTREN DARUN NUN DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT



Oleh: Bambang Triawan Pamungkas

     Masjid Baiturrahman adalah masjid yang terletak diperumahan bukit cemara tidar yang menjadi pusat kegiatan keagamaan di perumahan ini. Letaknya yang strategis yaitu berada ditengah-tengah perumahan membuat masjid ini mudah dijangkau oleh masyarakat setempat, sehingga menjadikan masjid ini ramai dihadiri oleh jama’ah. Perlu diketahui pula bahwa tidak semua warga perumahan bukit cemara tidar beraga islam, ada pula yang beragama kristen, katolik, hindu, dan budha.
     Masjid dengan bangunan 2 lantai ini sedang dalam proses pembangunan, yang pada lantai 1 telah selesai dibangun sedang pada lantai 2 sedang tahap pembangunan. Dana pembangunan ini diperoleh dari infaq warga. Masjid ini juga sebagai tempat kegiatan bagi masyarakat maupun para santri yang tinggal di pondok pesantren didekat masjid. Terdapat 3 pesantren yang berada dj perumahan bukit cemara tidar yaitu pesantren Darun Nun, Ribatul Qur’an wal Qiroat, dan Majlis Khoir.
     Tahlilan, istigosahan, diba’an, hingga kajian kitab bagi santri maupun umum menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan dimasjid baiturrahman. Masjid Baiturrahman adalah masjid yang bernuansa NU yang mana kegiatannya banyak mengambil dari pada kegiatan Amaliah Amaliah adat ulama oleh karena itu wajar apabila kegiatan kegiatan di Masjid Baiturrahman ini layaknya masjid masjid NU pada umumnya.
     Di Masjid ini terdapat enam kipas angin yang disediakan untuk memfasilitasi kegiatan dari di Masjid Baiturrahman ini sehingga para jamaah tidak merasa gerah atau kepanasan dan merasa nyaman saat beribadah di Masjid Baiturrahman juga disediakan mushaf Alquran untuk dibaca oleh para jamaah supaya para jamaah dapat membaca Alquran dengan nyaman dan tidak bingung untuk mencari mushaf di tempat lain.
     Sound system yang memadai juga menjadi fasilitas pendukung bagi kegiatan kegiatan di Masjid Baiturrahman karpet yang tebal juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Fasilitas yang mempuni juga dimiliki Masjid Baiturrahman yaitu berupa kamar mandi dan tempat wudhu terdapat dua kamar mandi Putra dan 10 kran wudhu untuk putra serta 3 kamar mandi Putri dan 10 kran wudhu untuk Putri sehingga jamaah tidak perlu mengantri di kamar mandi maupun ketika berwudhu.
     Selain itu masjid ini juga menjadi sarana untuk para anak-anak belajar membaca dan menghafal al-quran di waktu setelah ashar hingga sebelum maghrib setiap harinya yang dibimbing oleh asatidz masjid ini, kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari warga setempat karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak di usia dini. oleh karena dukungan dari masyarakat setempat yang memberikan bantuan dan menempatkan putra-putrinya belajar di TPQ ini sehingga ini terus berjalan dalam waktu beberapa tahun ini hingga sekarang.
     Inilah profil dari Masjid Baiturrahman yang terletak di Perumahan Bukit Cemara Tidar yang menjadi pusat kegiatan ibadah umat Islam di perumahan ini, masjid yang menjadi kebanggaan seluruh warga Bukit Cemara Tidar masjid yang tidak pernah sepi dari kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan yang bermanfaat.





Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar