Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PERJUDIAN YANG TAK TERELAKKAN


 
BAEDT GIRI MUKHODDAM BILLAH
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, maha kaya dan maha pengasih, tak diragukan lagi bahwasan nya engkau adalah tuhan semesta alam. Dalam suatu cerita pasti ada yang namanya penulis. Kemudian isi dalam cerita ini pasti ada komponen wajib yang menghiasi cerita tersebut, diantaranya adalah : tokoh, alur, latar belakang, genre, konflik, dan komponen-komponen penghias cerita yang lain. Terikat dengan kehidupan kita saat ini, apa yang telah melatar belakangi kehidupan ini. Telah diterangkan oleh para guru-guru kita bahwasannya asal mula penciptaan dunia ini adalah semata-mata dari nur Muhammad ﷺ. Karena hanya beliau semata yang namanya disejajarkan oleh Allah ﷻ. 
Pernah kah kalian berpikir bahwasannya yang kita lakukan selama ini adalah perudian. Tidak ada yang namanya kepastian kecuali memang telah ditakdirkan oleh Allah . Karena pada saat itu sejatinya adalah ber-ikhtiar dengan sebaik-baiknya yang mana wajib diselingi dengan do’a kepadanya. Tidak ada namanya semua usah dan hasil yang kita peroleh dengan kerja nyata yang kita lakukan, jika tanpa kehendaknya kita bisa berbuat apa.
Sama halnya ketika kita menjadwalkan rapat bulanan yang sangat penting dan harus dibahas oleh semua anggota, kemudian satu persatu dari anggota kita meminta izin untuk tidak mengikuti rapat karena ada musibah banjir yang melanda daerah-daerah tempat tinggal para anggota kita, yang mana dalam situasi ini pastilah sangat urgent. Maka disini dimualailah perjudian tersebut, ada beberapa pilihan yang harus diambil, antara kita menaikkan tensi atau memberikan toleransi. Dua hal yang sangat berpengaruh antara satu sama lain dari dua keputusan tersebut. Memang toleransi adalah hal yang sangat di utamakan oleh islam, dalam konteks bisnis apalagi dalam suatu perusahaan atau lembaga, satu gerakan saja akan mengakibatkan penurunan drastic dari satistika kinerja dalam lembaga tersebut. Kemudian pilihan kedua adalah memberi peringatan tegas dengan ancaman yang misalnya dengan potong gaji dan lain-lain, sangat positif memang jika memasukkannya dalam konteks kelembagaan, yang mana segala sesuatu mempunyai resiko tersendiri. Maka bagian mana yang diutamakan antara kemanusiaan dan konsistensi pekerjaan.
Perjudian yang sangat sulit bukan, taruhannya pun tak kalah besarnya dengan kelanjutan perusahaan tersebut. Maka dari itu Islam mengajarkan ilmu tentang ikhtiar dalam memilih sebuah keputusan, mulai dari istikhoroh yang paling sering dipakai oleh guru-guru kita terdahulu, tapi ada yang lebih efektif seperti yang disbdahkan oleh Nabi ﷺ :  خير الأمور أوساطها  
“Sebaik-baik nya permasalahan adalah jalan tengah nya”. Cara ini adalah sebaik-baiknya kebijakan yang telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Memang kita tidak tahu apa yang terjadi setelahnya, setidaknya kita telah berikhtiar seperti Nabi Muhammad ﷺ, jadi ikhtiar kita akan ditujukan kepada jalan yang lebih baik. 

Tiang listrik tak pernah bengkok
Karena setnov telah menfitnahnya
Jangan pernah remehkan orang baik
Karena orang jahat tercipta darinya 

Ketika beringin telah terpahat
Nuri dan dara jadi membara
Dikala yang baik sudah jahat 
Takkan terelakkan perang saudara

Petani lupa membawa bekal
Lagsung beli di Mak Tar
Karna sesal tak pernah awal
Sudahilah sebelum berakhir
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar