Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PENTINGNYA BELAJAR DAN MEMAHAMI BAHASA ARAB



     

    Oleh: Bambang Triawan Pamungkas

       Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling penting di didunia dan merupakan salah satu dari identitas bangsa Arab, karena telah lama ada dan berkembang dalam sejarah dan budaya peradaban Arab dari waktu ke waktu, dan dianggap sebagai salah satu faktor paling penting yang menjaga penyatuan bangsa Arab dari laut ke Teluk, dan mendapat peran penting pada pelestarian sejarah orang Arab sejak era pra-Islam, termasuk sejarah penuh mereka. Kehebatan syair-syair mereka, dan budaya lainnya hingga akhirnya turunnya Al-Quran dalam bahasa ini, yang memberinya kesucian dan pemeliharaan, telah berubah dari bahasa yang mengkhususkan suku-suku gurun menjadi bahasa sebuah negara Islam yang memimpin peradaban selama berabad-abad lebih dari itu bahasa Arab juga bahasa yang dipelajari oleh kebanyakan muslim yang ada di dunia ini.
        Pentingnya bahasa Arab untuk kita pelajari ialah sebagai berikut:
          1. Karena bahasa Arab adalah Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an
2.         2. Karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Nabi Muhammad Saw dalam kesehariannya.
3.         3. Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di surga
4.           4.  Bahasa Arab adalah bahasa peradaban pertama di dunia untuk waktu yang lama.
5.         5. Bahasa Arab dapat membantu mengekspresikan berbagai ilmu, karena karakteristiknya, kata-kata, struktur, imajinasi, dan banyak hal lainnya.
6.       6.  Bahasa Arab adalah bahasa untuk kenalan dan komunikasi di antara jutaan orang di seluruh dunia. 
7.         7. Bahasa Arab adalah salah satu cara terbaik yang membantu dalam merekam pikiran dan perasaan.
      Setiap bahasa bisa saja punah dari dunia ini dikarenakan sebab-sebab tertentu seperti tidak adanya masyarakat yang menuturkan bahasa tersebut karena beralih bahasa, punahnya suatu suku yang menyebabkan bahasanya pun turut punah, dll. Namun tidak halnya dengan bahasa Arab, bahasa Arab akan terus ada dan tidak akan punah hingga hari kiamat tiba karena bahasa ini adalah bahasa Al-Qur’an dan Allah Swt berjanji akan menjaga Al-Qur’an serta kitalah sebagai perantara bagi Allah Swt untuk menjaga Al-Qur’an termasuk juga bahasanya yaitu bahasa Arab. Wallahu a’lam bissowab

      
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar