Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Mundur Sekejap….. Bukan Mundur Alon-Alon

  
Oleh: Baedt Giri Mukhoddam Billah



       Seseorang semua pasti ingin berjalan maju, karena diam saja adalah musibah. Seperti dikatakan dalam pepatah Indonesia yang berbunyi : “buatlah hari esok lebih baik dari hari ini”. maka dari itu kita harus terus berusaha berjalan, walaupun hanya selangkah. Jika kita hanya diam ditempat, kita akan tertinggal dengan siapapun. Contoh utamanya adalah zaman/waktu. Ketika waktu kita terbuang, kita telah menghilangkan beberapa saat kesempatan, yang pasti jika memanfaatkan waktu yang terbuang tersebut     

      Setiap orang dalam mengerjakan suatu hal, tak bisa dipungkiri akan menemui titik tumpul. Pasti akan mengalami pusing, merasa tidak bisa berpikir, ngantuk, stress kecil samapai stress besar. Kejadian-kejadian ini maklum terjadi, karena hakekat manusia itu adalah makhluk terbatas. Yang pastinya punya batas/waktu si manusia melemah. Karena hal ini hal wajar maka kita tidak harus memaksakan untuk mengerjakan suatu hal tersebut.

      Dan jika kita telah mencapai titik tumpul ini, apa yang harus dilakukan?. Dalam suatu peribahasa barat, yang terkutip dari film Ready Player One : “dalam suatu waktu kita perlu untuk perlu untuk mundur sedikit, untuk melesat lebih jauh”. Bisa diambil hikmah dari peribahasa tersebut, yang mana segala sesuatu, sesulit apapun itu, pasti ada celah nya. Hanya saja kita hanya butuh menetralkan atau mengistrahat-kan sejenak akal pikiran kita, dan yang dibutuhkan adalah istirahat sejenak dengan melakukan hal-hal yang luang, seperti  bermain game, nyemil, membaca, sholat, mengaji, dan lain-lain macamnya.

    Akan tetapi perlu digaris bawahi, bahwa istirahat harusnya adalah sejenak saja, tanpa disertai unsur yang melarutkan atau melalaikan hingga, pekerjaan ini menjadi terelak-kan begitu saja. Contoh saja ketika mengerjakan tugas, kemudian jenuh datang melanda, yang kemudian menjadi Badmood. Kemdian kamu memilih istirahat dengan bermain game online, disaat memainkan game online, kamu mengalami Losestrak (kalah berturut-turut) yang kemudian memacumu untuk lebih mengejar kemenangan pada game tersebut. Dan pada akhirnya tugas mu jadi jomblo, karena kamu selingkuh dengan game online mu. Maka istirahatlah sejenak saja.






Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar