Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MEMAKNAI BONUS DEMOGRAFI BAGI INDONESIA

      

                 Oleh: Krisna Aditya Putra S
       Seperti yang kita ketahui saat ini negara Indonesia akan memasuki masa bonus demografi. Ini menjadi momentum yang sangat krusial bagi negara Indonesia, dimana Indonesia bisa memanfaatkan momentum ini untuk memacu percepatan kemajuan bangsa. Mungkin sebagian dari kita masih awam mendengar kata bonus demografi atau malah sudah sangat familiar, jadi sebelum berangkat lebih jauh saya akan menjelaskan apa itu bonus demografi. Bonus demografi adalah dimana masyarakat usia produktif membludak sangat  banyak dibandingkan masyarakat usia non-produktif. Dimana era ini sebenarnya sudah dimulai dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada rentang waktu tahun 2025-2030.
Melihat situasi ini, kita sebagai mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat produktif memiliki peranan penting untuk ikut andil dalam memajukan negara kita dalam momentum emas ini. Banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa untuk berkontribusi dan memberikan stimulus bagi negara Indonesia, salah satunya dengan menjadi perwakilan negara Indonesia dalam konferensi konferensi tingkat internasional, menjadi seorang volunteers dalam kegiatan sosial, mengikuti perlombaan dan menorehkan prestasi untuk negara Indonesia.
Di era desdruktif saat ini sulit memang menemukan pemuda-pemuda yang mau ikut andil untuk terus berkontribusi bagi negaranya karena serangan dunia digital yang membuat banyak pemuda menjadi malas dan tidak mau andil dalam memajukan bangsanya sendiri. Banyak negara lain yang telah terbukti sukses memaksimalkan peluang bonus demografi di negaranya, seperti Malaysia, Thailand, Korea Selatan dan negara-negara lainnya.
Meskipun demikian, tetap saja masih ada negara yang gagal memaksimalkan keadaan bonus demografi yang dimiliki negaranya. khususnya negara-negara yang ada di Benua Afrika, seperti Ethiopia dan lain sebagainya.
  Dalam hal ini pemerintah harus berperan maksimal untuk memanfaatkan momentum ini, yang katanya bonus demografi Indonesia hanya akan kita dapatkan sekali seumur hidup. Dengan membuat regulasi yang baik untuk memanfaatkan segala sektor  baik pendidikan, ekonomi, politik, dan sosial bukan mustahil jika dalam waktu dekat negara berkembang ini akan menjadi negara maju. Jika negara kita tidak dapat memanfaatkan situasi ini dengan baik bisa saja momentum bonus demografi ini tidak memiliki dampak yang signifikan bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar