Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kesyahduan Sayyidul Ayyam

KESYAHDUAN SAYYIDUL AYYAM


Oleh : Mutiara Rizqy Amalia

          Hari Jum’at adalah sayyidul ayyam, dimana seseorang pahalanya akan dilipatkgandakan dalam berbuat kebajikan. Imam Ghazali berkata, “Jangan pernah kau tinggalkan pada malam jumat atau hari jumat membaca 4 surat yg dianjurkan Rasulullah yaitu Surat al-An’am, Surat al-Kahfi, Surat Taha, dan Surat Yasin”.
         Imam ghazali mengetahui kalau kita adalah orang-orang yang mempunyai karakter malas, banyak alasan, pasti kita berkata tidak mempunyai waktu. Kita semua pasti mempunyai sifat seperti itu, selalu beralasan macam-macam, tapi ketika hati kita cocok kita tidak ada alasan sama sekali, capek pun kita teruskan. Akan tetapi, kita mendapatkan kesungguhan dari Allah, juga anjuran dari Rasulullah maka alasan apapun itu akan hilang.
          Imam ghazali pun berkata فإن لم تقدر kalaupun kamu tidak mampu, baca Surat Dukhon dan Surat Yasin, atau alim lam mim saja dan Surat al-Mulk. Ini jangan sampai engkau tinggalkan karna surat-surat ini mmpunyai keutaman disisi Allah SWT.
(بَلِ ٱلۡإِنسَـٰنُ عَلَىٰ نَفۡسِهِۦ بَصِیرَةࣱ)
          Orang itu tipenya selalu beralasan, tapi engkau tau di hati kecilmu kalau ini adalah perbuatan baik dan ini semua hanya alasan. Imam Ghazali berkata, tapi kalau ada yang masih mau meninggalkan, bacalah Surat al-Ikhlas dan perbanyak shalawat di hari jumat secara khusus sesuai sabda Rasulullah SAW "perbanyaklah shalawat kepadaku di malam jumat dan di hari jumat". Ulama bersepatakan minimal membaca shalawat minimal di pagi hari 313 di malam hari 313.
           Al Imam Habib Abdullah bin Husein bin Thohir yang mempunyai munajat :
يا الله بها يا الله بها يا الله بحسن الخاتمة
Beliau berkata pula “aku tidak mempunyai amalan, dan semua kelakuan yang aku lakukan adalah hanya kesalahan tapi aku mempunyai harapan yang kuat kepadamu untuk Engkau kabulkan amalan-amalanku yg sedikit" apa itu? Beliau dalam kesehariannya tidak pernah luput mengucapkan لا اله الا الله 25  ribu kali, tasbih, tahmid, dan istigfar 25 ribu kali.
          Rasulullah SAW adalah hamba yang karenanya kita diciptakan oleh Allah SWT, beliau yang tidak mempunyai dosa, kata Allah "telah aku ampuni dosa-dosamu" namun Rasulullah tidak pernah membaca istighfar kurang dari 100x setiap hari, sekarang siapa yang banyak membaca istighfar atau tidak pernah membaca istighfar? Siapa kita? Kita adalah hamba yang mempunyai banyak dosa. Sesuai dalam tawasul dalam Hadrah Basaudan

والعبد ذاالجاني # كثير عصياني
كثير طغياني # كم خالف أمرالله

YaAllah akulah hamba yang banyak melakukan kesalahan, banyak maksiat-maksiat yang aku lakukan, berapa banyak aku melanggar perintah-perintah Allah SWT

           Lalu kita tidak beristighfar? Kok berani? Rasulullah yang sudah dijamin dosa-dosanya dihapus saja masih memohon ampun, lalu siapa kita yang mempunyai banyak tumpukan dosa? Semoga kita diberikan kekuatan untuk melakukan perintah-perintah Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, dan semoga hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT dan semoga kita dimudahkan membaca surat-surat yang telah dianjurkan oleh Rasulullah pada hari jum’at.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar