Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

KENAPA HARUS BERBOHONG ?!?!

Oleh Baedt Giri Mukhoddam Billah


  Pendidikan adalah suatu hal yang sangat positif. Banyak hal atau jasa yang telah diciptakan oleh orang yang berpendidikan. Diantaranya smartphone yang menjadi pembantu sekaligus asisten pribadi yang mudah dibawa, Laptop yang telah membantu refleksi tangan agar tidak menulis dengan manual yang terjamin tulisan nya rapi, Dan yang terpenting adalah membuat kita menjadi bermanfaat bagi orang lain seperti dalam pepatah Arab خير الناس أنفعهم للناس . kurang seperti itu lafadz nya.
Pendidikan adalah diantara salah satu hal yang sangat mulia. Karena orang banyak menilai orang tersebut dari pendidikan nya. Banyak tatanan-tatanan kehidupan bagus yang didapat apabila ia berpendidikan, apalagi orang itu menyelesaikan hingga sarjana, S 2, ataupun Doktor. Pasti akan lebih disegani.
Kita telah mengetahui bahwa pendidkan adalah sebuah hal yang wajib untuk kita miliki. Bila pendidikan itu dibalut atau diantarkan dengan modus kebohongan, bagaimana kelanjutannya?. Bisakah hal ini di pertanggungjawabkan ?. dari pandangan sisi agama pun juga tidak bagus. Jika sang anak sudah dididik dengan modus kebohongan yang begitu banyak, contohnya seperti “jangan sisakan makananmu. Karena ia akan menangis jika tidak dimakan.” Hal tersebut itu kedengaran sepele dikalangan kita, tanpa kita sadari, kita telah menanam sedikit demi sedikit bibit-bibit pembohong pada anak didik kita. Jangan salahkan sang anak kalau ia sekarang mahir berbohong. Karena itu berasal dari kita sendiri.
Apa salahnya berkata sejujurnya saja. Memang kebenaran menyakitkan, dan cenderung kejam terhadap kenyataan. Tapi apa ruginya kita mengatakan yang sejujurnya. Bagaikan saham, yang ditanam hanya dari hasil-hasil yang halal saja, walaupun nol koma sekian persen. Untuk investasi jangka panjang, yang kita butuhkan hanyalah sabar dan tekun. Kalau istilah digame MOBA itu Late Game. Jangan takut untuk berbuat kejujuran. Karena orang pintar banyak dan orang jujur itu sangat sedikit.

قل الحق ولو كان مرا
Berkatalah dengan jujur, walaupun itu rasanya pahit
الصبر كالصبر مر في مذاقته # لكن عواقبه أحلى من العسل
Sabar itu seperti jadam. Pahit rasanya # akan tetapi efek nya lebih manis daripada madu.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar