Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

CERAMAH ALAM SEMESTA 1

Oleh : Inayatul Maghfiroh

Dalam kehidupan ini, perintah pertama adalah membaca, baik itu ayat qouliyah ataupun ayat kauniyah. Allah telah menciptakan berbagai hikmah dari setiap ayat-ayat Nya, sepertinya hal nya maujudnya tukang parkir, keberadaannya di dunia ini tidak akan mengandung makna sia-sia,  ada banyak hal yang harus di eja agar dapat menyimpulkan kalimat yang sempurna mengenai keberadaanya.

Mengeja dengan mengamati , berawal dari tafakkur menuju tadabbur, berawal dari mengetahui bahwa menjadi tukang parkir memiliki tugas menjaga kendaraan milik orang lain, meski secara kasat mata ia hanya tampak duduk duduk saja, namun memahami esensi kalimat menjaga adalah berusaha agar apa apa yang dititipkan kepadanya baik baik saja, hingga kita memahami mengapa hal ini terciptakan?

Adanya hikmah yang terkandung dalam setiap ayat Allah untuk dipelajari dan diterapkan sebaik-baiknya, jika boleh diambil kesimpulan, betapa seluruh ayat-ayat Allah memberikan gambaran untuk kita , memberikan cermin untuk berkaca, meberikan petunjuk sebagai pedoman.

seperti halnya salah satu ayat kauniyahnya yang telah dibahas tadi ( tukang parkir), memberikan peringatan kepada siapapun yang mampu bertadabbur ( menelaah secara mendalam setelah tafakkur), bahwa segala yang kita miliki sekarang hakikatnya hanyalah titipan, kita tak pernah benar benar bisa menciptakan, tugas kita hanya menjaga, dan sudah sepantasnya ia diambil pemiliknya apabila sudah waktunya. Kita adalah tukang parkir dari segi tugasnya. hehe
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar