Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PANGGILAN ILAHI UNTUK SEBUAH HATI, BANGUNLAH KETIKA ORANG LAIN TERTIDUR PULAS

Oleh : Nety Novita Hariani

Tidur adalah suatu keadaan dimana seseorang mengistirahatkan tubuh juga melepas  penat setelah banyak beraktivitas di siang harinya. Tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, karena organ-organ dalam tubuh seseorang juga harus dioptimalkan sistem kerjanya sehingga dapat kembali beraktivitas dengan normal. Terkadang kita lupa bahwa kita harus mementingkan tubuh dengan selalu menjaga kesehatan dibandingkan terlalu sibuk memikirkan suatu pekerjaan. Sebagaimana yang termaktub dalam Al-Quran,
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاسًا وَالنَّوْمَ سُبَاتًا وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُورًا
“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (Q.S Al-Furqan : 47)

Akhir-akhir ini, suhu di beberapa wilayah Indonesia khususnya kota Malang yang terletak di pulau Jawa, relatif lebih dingin dibandingkan hari biasanya. Suhu di kota Malang akan terasa sangat dingin pada malam hari hingga menjelang subuh. Hal tersebut pastinya menjadi tantangan berat bagi sebagian muslim di kota tersebut untuk meluangkan sedikit waktunya bangun di malam hari mendirikan shalat malam. Akan tetapi, jika sebelum tidur sudah diniatkan dalam hati untuk bangun di sepertiga malam hari, pasti akan dibangunkan oleh Allah swt. tanpa perlu bantuan alarm lagi.

Betapa hebat orang-orang yang bisa mengendalikan dirinya untuk bangun di malam hari melawan kedinginan demi merasakan dahsyatnya sebuah doa yang penuh harap. Ketika bumi benar-benar gelap, di saat orang lain tertidur lelap, hingga suara sisa tetesan air keran pun terdengar dengan jelas. Hal tersebut benar-benar sulit, tidak semua orang bisa melakukannya. Karena semua itu adalah panggilan ilahi untuk sebuah hati, tidak semua hati bisa menerimanya, hanya orang-orang yang terpilih saja.

Pernahkah kalian tiba-tiba terbangun di malam hari padahal belum memasuki waktu shubuh? Tentu saja kita semua pernah mengalami hal tersebut. Namun sadarkah kita bahwa itu adalah panggilan dimana ketika itu Allah swt. sangat rindu pada hambanya. Rindu dengan untaian doa dan harapan serta tangisan yang membara tanpa adanya rekayasa. Tapi kadang, kita acuhkan Allah swt. dan lebih memilih terjebak oleh buaian syaithan. Bayangkan bagaimana sedihnya Allah swt. kala itu?
Bagaimana sih cara agar kita bisa bangun lebih awal sehingga dapat mendirikan shalat malam? Pertama, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Apalagi, terjaga hanya untuk main game, benar-benar tidak menunjukkan karakter seorang muslim yang sesungguhnya. Kedua, sebelum tidur biasakan untuk berwudhu terlebih dahulu kemudian menjalankan amalan-amalan sunnah lainnya seperti mengibas kasur dan berdoa. Kemudian jika tiba-tiba terbangun di sepertiga malam berdoalah kepada Allah swt. dan berterima kasihlah atas nikmatnya, jangan membuka handphone kecuali hanya untuk melihat jam. Lawan segala sesuatu yang menghambat kita untuk segera melaksanakan shalat malam. Tetapi yang terpenting, tumbuhkan sifat ikhlas dalam hati agar kita menjalankan semuanya tanpa rasa beban.

Setiap apa yang menjadikan seseorang itu berbeda dengan orang lain, itulah yang menjadi tolak ukur kualitas diri seseorang.  Setiap orang pasti punya keinginan untuk menjadi lebih baik, namun tak banyak yang bisa mengaplikasikannya menjadi sebuah realita. Faktanya, diri kita sering terperangkap oleh keindahan-keindahan semu yang melalaikan kita dalam melakukan suatu kebaikan. Untuk itu, kita harus bisa melawan hal-hal yang dapat menghambat untuk selalu lebih dekat dengan Allah swt.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar