Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

AQUAMAN INDONESIA


Oleh: Ira Safira Haerullah
Aquaman salah satu film superhero produk Amerika yang sangat laris di akhir tahun kemarin. Film yang menceritakan tentang seorang superhero yang bisa mengendalikan air dan hewan laut di samudera atlantis. Namun siapa sangka bahwa Aquaman film fiksi tersebut memiliki kesamaan dengan seorang  menteri perempuan asal Jawa Tengah, siapa lagi kalau bukan bu Susi Pudjiastuti.
Susi Pudjiastusi, seorang perempuan  pertama yang menjabat sebagai menteri perikanan dan kelautan di era pak Jokowi dan Jusuf Kala dalam kabinet kerja sejak oktober 2014. Beliau sangat berbeda dengan menteri perempuan pada umumnya. Beliau adalah seorang perokok, beliau bertato bahkan beliau hanya tamatan SMP yang kemudian mengikuti ujian paket C tapi  beliau tidak korupsi bahkan dipercaya menjadi menteri dengan segudang prestasi.
Nama bu Susi kini tidak asing lagi telinga publik, terutama di kalangan nelayan Indonesia karena terkenal sangat aktif dalam memberantas ilegal fishing. Kata “tenggelamkan” sangat lekat dengan nama bu Susi karena langkah bu Susi dalam menggelamkan kapal – kapal asing yang masuk dan mencuri ikan di laut Indonesia, bahkan dalam rentan waktu tiga bulan diawal masa kerja beliau sudah menenggelamkan kurang lebih empat ratus kapal asing di perairan Indonesia. Langkah tersebut mendapat respon baik dari publik.
Tidak diragukan kinerja nyata bu Susi selama menjabat sebagai menteri, hal ini dibuktikan dari riset yang menunjukan pendapatan pajak sektor perikanan pada 2014 hanya Rp 851 miliar, sementara tahun 2018 sudah Rp 1,6 triliun. Pertumbuhan PDB di sektor perikanan di  tahun 2019 juga naik menjadi 6,25 persen dari periode sama tahun lalu yaitu 4,83 persen. Nilai Tukar Nelayan (NTN) juga meningkat sangat drastis dan menunjukan volume positif selama bu Susi menjabat (sumber:https://www.liputan6.com). Bu Susi tidak hanya melindungan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan haknya di perairan bangsa ini. Bu Susi juga menerbitkan Peraturan Menteri Kelautan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets) karena kedua alat penangkap ikan tersebut dianggap dapat merusak lingkungan dan dapat merusak ekosistem. 
Dibalik prestasi dalam dunia perikanan dan kelautan bu Susi juga merupakan pengusaha sukses dalam dunia penerbangan. Beliau memiliki penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Berbagai pernghargaan dan respon positif dari publik baik dari dalam negeri maupun luar negeri tidak henti – hentinya diberikan kepada bu Susi sebagai seorang menteri perempuan yang meritokrasi dalam masanya.
Layaknya superhero dalam film Aquaman versi Indonesia yang menyelamatkan perairan Indonesia dari tangan – tangan nakal bangsa asing, mensejahterakan nelayan sesuai dengan haknya dan membuat masyarakat menjadi bangga mengonsumsi ikan segar hasil perairan Indonesia. Bulan Oktober tahun ini adalah masa terakhir jabatanmu bu Susi, terimakasih pernah merealisasikan berbagai inovasi dan menciptakan berbagai prestasi di perairan bumi pertiwi tercinta. Indonesia sangat beruntung dan  bangga memilikimu Aquaman Indonesia, Susi Pudjiastuti.






Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar