Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

WRITING THERAPY : GIMANA MENGHILANGKAN STRES DENGAN MUDAH

Oleh : Ainu Habibi

Masing-masing orang yang ada di dunia ini pasti pernah mengalami masalah, tanpa terkecuali mulai dari masalah yang terkecil hingga masalah besar. Di antara tema yang kerap memunculkan permasalahan dan umum terjadi di sekitar masyarakat adalah mengenai cinta, kesehatan dan keuangan. Ujian kehidupan ini kerap menghampiri seseorang dengan tiba-tiba. Dan itu harus diterima dengan lapang dada karena merupakan suatu realita kehidupan yang tak akan terhindarkan oleh semua orang.
Menghadapi permasalahan yang ada tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Juga tidak semudah perkataan bahwa semua masalah ada solusinya. Namun, ada hal yang terkadang unik bahwa solusi untuk suatu masalah kadang kala datang dengan sendirinya.
Hal paling penting dan utama untuk dilakukan ketika seseorang dihadapkan oleh suatu permasalahan adalah dengan mengutamakan ketenangan diri. Ketenangan diri menjadi patokan utama bagi seseorang untuk dapat berfikir secara jernih karena emosi negatif terkadang justru membuat keadaan semakin rumit, bukan masalah yang teratasi. Artinya, mungkin saja emosi negatif yang anda luapkan akan memberikan kelegaan dalam diri, Namun itu bisa berdampak negatif kepada lingkungan yang ada di sekitar.
Masalah yang sudah terjadi dan dihadapi seringkali memberikan dampak negatif untuk kehidupan seseorang. Bahkan tanpa disadari, Hal itu kerap membuat seseorang menjadi trauma. Di antara yang menyebabkan hal itu terjadi adalah kurang ikhlasnya seseorang di dalam menerima keadaan. Dan penting untuk diketahui bahwa emosi yang terpendam ternyata bisa menjadi masalah besar untuk diri anda.
Misalnya seseorang diputus cinta oleh sang kekasih yang sangat di cintainya. Adanya rasa kehilangan membuat seseorang tersebut merasa hampa dalam kehidupannya. Bahkan, ia merasakan kesedihan yang berlarut-larut. Dan biasanya ia meluapkan emosinya dengan cara marah ataupun membanting barang-barang di sekitarnya. Kemudian ia pergi dan menangis di dalam kamar, mengasingkan diri. Hal tersebut sudah pasti membuat keluarga atau sahabat merasa khawatir atas apa yang telah ia lakukan. Dan ini merupakan contoh luapan emosi negatif terhadap lingkungan sekitar.
Semakin hari, seseorang tersebut akan kembali ceria seperti sebelumnya. Tetapi setelah ia mengetahui fakta bahwa ada orang ketiga, maka ia pun akan merasa trauma dan dendam dengan namanya cinta. Ini menjadi salah satu akibat dari emosi negatif yang di luapkan oleh seseorang yang akhirnya akan melukai diri sendiri dan orang di sekitar.
Diantara cara yang tepat untuk mengelola strees dan emosi negatif adalah memakai metode  writing therapy atau biasa di sebut dengan terapi menulis. Make one book for that for sure what you happy in this life, Terapi menulis sangat efektif dan baik karena segala emosi dan stress kita bisa tersalurkan dalam bentuk tulisan, sehingga dengan adanya pelepasan semacam ini, stress anda juga akan berkurang dan emosi pun akan kian stabil.
Bagaimanapun bentuk dari tulisan tersebut tidak perlu dihakimi benar atau tidaknya sebuah tulisan itu. Karena sejatinya itu adalah suatu tempat untuk meluapkan emosi anda. Dan tidak peduli apakah itu bentuk makian, puisi atau sebuah cerita dan sajak.
Setelah itu, bisa menuliskan suatu hikmah dari perjalanan anda yang telah di tuliskan dalam sebuah kertas. Anda juga bisa melihat berbagai tokoh yang menginspirasi berbagai perjuangan yang akhirnya menjadi sebuah kisah masing-masing. 
Terimalah pilihan allah untuk anda dengan rasa syukur. sebab, anda tidak akan tahu tentang kemaslahatan. Bisa jadi hal yang lebih buruk lebih baik daripada kemudahan.


Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar