Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PERCAYA DIRI ITU PERLU ATAU TIDAK?


Oleh : Ainu Habibi

Rasa percaya diri memang sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita. Tahukah anda percaya diri apa? Percaya diri (Self Cofidence) adalah keyakinan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini lah yang membuat kepercyaan atas kemampuan menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan serta pendapatnya.
Banyak di antara kita menyangka bahwa kepercayaan diri hal yang sulit untuk di kuasai, secara tidak langsung percaya diri bukan sebuah teori yang harus difahami terlebih dahulu, percaya diri sudah hadir  ketika anda yakin atas kemampuan yang anda miliki. Pemikiran yang sering terjadi bahwa kita menganggap percaya diri sebagai takdir, hal inilah yang membuat diri kita semakin malas untuk berkarya.
Percaya diri tiba pada seiringnya waktu berjalan. Rasa percaya diri akan muncul ketika kombinasi pola asuh dan pristiwa yang terjadi di masa perkembangan. Butuh waktu yang lama, dengan terus berusaha kita sudah termasuk menjadi orang yang lebih baik.
Nah, hal yang harus di perhatikan ketika rasa percaya diri sudah diatas batas maksimal akan muncul dengan rasa berlebihan yang mengarah kepada kesombongan. Kesombongan hadir dari perasaan rendah hati yang berlebihan. Menjadi orang yang sangat percaya diri memang sangat dianjurkan, karena percaya diri adalah kuncinya keberhasilan. Namun, memiliki kepercayaan diri yang berlebihan tentu tidak baik dan dapat merugikan orang lain, seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi dapat memicu ketidak peduliannya saran yang di terima kemungkinan tidak akan diterimanya karena dirinya sudah dalam batas keyakinannya selalu merasa paling benar selalu merasa paling baik selain itu dampak positif ini akan berimbas kepada diri sendiri diri sudah tidak akan berkembang dan tidak akan maju.  Karena dengan sifat keyakinan diri yang tinggi sudah selesai dia akan stop sampai di level itu. Memiliki kepercayaan diri yang berlebihan juga akan membuat malu diri sendiri dan orang lain. Tidak tahu batas kemampuannya lalu tetap akan memaksakan kehendak karena keyakinan yang dimiliki.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar