Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PEMUDA DAN NARKOBA


Oleh : M. Rian Ferdian

Masa muda adalah masa-masa emas hidup seseorang, saat dimana semangat sedang menggelora dan membara, pikiran yang tajam, keingintahuan tinggi, serta ide-ide yang cemerlang. Banyak orang mengatakan pemuda adalah tumpuan masa depan bangsa, maju tidaknya suatu bangsa tergantung pada bagaiamana pemudanya saat ini. Maka jika ingin menghancurkan suatu bangsa, maka hancurkanlah pemudanya.
Di era globalisasi ini salah satu permasalahan yang dihadapi para pemuda adalah Narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya. Bahaya narkoba ini tidak hanya berdampak pada fisik seseorang tetapi juga pada jiwanya. Pemuda dengan narkoba sangat erat kaitannya, karena hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2016 menyebutkan bahwa 27,32 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa, yang artinya disini mereka adalah para pemuda.
Faktor penyebab pemuda mengonsumsi narkoba sangatlah banyak. Saya pernah mewawancarai teman saya yang pernah tercandu narkoba, ia mengatakan faktor penyebab ia mengonsumsi narkoba adalah faktor lingkungan atau pertemanan, ia bergaul dengan teman-teman yang mengonsumsi narkoba, sehingga timbul rasa penasaran untuk mencobanya, ditambah teman-temannya yang merayu dia untuk mencoba, maka akhirnya dia pun mencoba barang terlarang tersebut.
Faktor lain yang ia sebutkan sebagai penyebabnya adalah ketidak mengertian orang tua terhadap permasalahan yang ia hadapi. Tidak adanya tempat untuk ia berbagi cerita, mengeluarkan unek-unek, terkadang ketika ia menceritakan permasalahannya bukannya diberi solusi dan masukan tapi malah justru dimarahi dan disalah-salahkan. Maka penting juga disini peran orang tua dan anggota keluarga yang lain tentunya untuk saling mengerti satu sama lain, untuk mencegah anak-anak dan para pemuda terhindar dari keprustasian sehingga mereka lari ke hal-hal yang dilarang untuk melampiaskannya.
Disini peran pemuda sendirilah yang dapat berpengaruh terhadap pencegahan narkoba tersebut. Di tiap-tiap kecamatan atau desa harus terdapat komunitas atau organisasi yang bertugas menanggulangi permasalahan narkoba di kalangan pemuda. Karena merekalah yang bisa masuk atau terjun langsung menangani orang-orang yang tercandu narkoba. Mereka bisa mengadakan penyuluhan-penyuluhan hal-hal yang berkaitan dengan narkoba, seperti bahaya narkoba terhadap masa depan pemuda bangsa, bahaya narkoba terhadap fisik dam jiwa seseorang, bagaimana menghindari narkoba tesebut dll.
Maka dari itu kita sebagai pemuda harapan bangsa harus bisa menjaga diri dari narkoba yang dampaknya bisa merusak masa depan diri dan bangsa. Bangsa kita membutuhkan pemuda-pemuda yang memiliki kemampuan, prestasi serta ide-ide cemerlangnya untuk kemajuan bangsa di masa depan. Karena ketika kita terjerumus narkoba, orang tua, keluarga, tetangga tentunya akan merasa sedih dan kecewa, dan tentunya Indonesia telah kehilangan satu tumpuannya untuk menopang kemajuan bangsa.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar