Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MENGAJAR ADALAH SENI

Oleh : Meisya Eva Natasya

Saya masuk di pondok pada tahun 2012. Suatu nilai tersendiri bagi seorang santri bisa ngonangi (melihat) Kyainya masih aktif dan semangat mengajarnya.
Beberapa kali saya mendengar cerita beliau dari beberapa asatidz dan ustadzat, tak terkecuali putra beliau Gus Yunan yang sekarang menjadi penerus Abah Muhaimin Tamam. Para asatid dan ustadzat sering menceritakan tentang beliau dan cara beliau menyikapi santri-santri, mengenai cara beliau menyikapi para pengabdi, bagaimana beliau menyikapi wali santri yang kurang mengerti apa yang dikehendaki oleh pihak pondok terhadap anak-anaknya. Dari cerita-cerita tersebut tergambar jelas di kepala saya, bahwa beliau itu orang yang keras, tegas, tapi beliau itu bijaksana.

Kalau ditanya adakah perbedaan antara santri dulu dengan santri sekarang? Tentu saja ada. Apa yang didapatkan santri -santri dulu dari Abah ini saja sudah sangat berbeda, baik berupa pengajaran beliau, gemprongan beliau dan lain-lain.
Tentu perbedaan ini mencangkup sisi positif dan negative. Kenakalan santrinya misalnya, perubahan peraturan, IQ santri dulu dengan sekarang, kedewasaan berfikir serta bertindaknya antara santri dulu dan sekarang, dan lain-lain. Karena “dulu” bukan “sekarang”.
“beliau itu sosok yang berjiwa penuh semangat”
Beliau itu dikenal dengan sosok yang ikhlas, tegas, dan saklek, banyak orang-orang yang sudah mengenal sifat beliau. Namun “Titi, Setiti, Ati-Ati”, tiga sifat ini menancap sekali pada diri beliau. Pertama kali kita mendengar isi gemblengan beliau yang berisi tiga sifat tersebut saya belum faham betul tentang perbedaan antara ketiganya. Titi itu telaten, yang mana dalam berusaha kita disuruh untuk telaten dalam usaha kita.

Kalau kita ingat bagaimana beliau mengajar para santri, beliau sangat telaten. Saya rasa semua langkah-langkah usaha beliau “Titi, Setiti, Ati-Ati” yang selalu beliau jadikan kemasan usaha tersebut. Bahkan banget setitinya beliau sering kali lawan fikirannya itu hanya termangu dan menganggukkan kepala. Semua dipikirannya besar kecilnya manfaat dan madhorotnya. Mungkin ini salah satu faktor kunci keberhasilan Abah dalam memperjuangkan pondok.

Inilah ikhlas, tegas, saklek, titi, setiti, ati-ati yang perlu diteladani dari Abah bagi penerus agar sekiranya mampu mengkualitaskan amal dan usahanaya.
Dalam hal ajar-mengajar, santri beliau mana yang tidak gemeteran, minder, dibayang-bayangi rasa khawatir jika nanti ditunjuk oleh beliau, apalagi dalam keadaan tidak siap dan yang  dalam keadaan siap saja bisa berbalik keadaan tidak siap sehingga timbul hal yang tidak di inginkan, kadang santri tersebut malu dengan teman sekitar. Tapi tak sedikit pula santri beliau yang rebutan tempat duduk paling depan, menyambut beliau masuk mushola, menatakan dan melayani beliua saat beliau akan mengenakan sandal atau sepatu, rebutan menjadi santri yang dikenal oleh beliau, sehingga memacu dirinya belajar dengan sungguh-sungguh pada malam harinya, mengharuskan dirinya untuk tetap fokus dan siap mengimajinasikaan apa yang di terangkan oleh beliau sampai ia faham betul keterangan beliau kemudian dengan pedenya ia mengankat tangan  untuk menjawab pertanyaan beliau.
“mengajar adalah seni”
“mengajarkan yang baik itu membutuhkan seni. Jadi kamu bisa mengajar dengan baik, jika kamu memiliki seni yang baik pula.”
Dulu beliau masih mampu menggembleng para santri 3 kali dalam sehari. Pagi untuk adik-adik kelas 1 sampai 3 Mts, sorenya untuk adik-adik kelas 4 dan 5 MA, kemudian malamnya untuk kakak-kakak kelas 6 MA.

Memang beliau itu termasuk “seorang yang tau banyak, tentang hal banyak”.
Tentang mengajar beliau tau banyak tentang mengajar. Tentang berbisnis beliau juga tau banyak strategi dalam  berbisbis. Tentang ilmu pengetahuan maupun pendidikan pun beliau tau banyak sistem. Begitu juga dengan seni. Dan jiwa seni yang ada dalam diri beliau telah mengiringi dan melengkapi cita rasa kepengajaran beliau. Dan itulah yang membuat beda antara sistem mengajar beliau dan asatidz yang lain. Asatidz dan Ustadzat disini sudah berusaha meniru cara mengajar beliau. Dan asatidz yang kreatif mungkin akan sedikit memodifikasi cara beliau mengajar sesuai rasa seni yang para astidz miliki.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar