Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

ISTIRAHAT YANG BERHARGA ITU TIDUR

Oleh: Siti Laila ‘Ainur Rohmah

Entah ini sebuah mitos atau fakta, yakni tentang membaca membuat orang cepat mengantuk. Dalam sebuah conversation book  pernah dijelaskan, bahwa orang yang insomnia bisa diatasi dengan membaca buku sebelum tidur. Dan fakta yang sering terjadi di kalangan remaja membuktikan, jika seseorang ketika membaca akan mudah mengantuk.

Membaca disini hanya disaat-saat tertentu dengan kondisi tertentu pula. Yang sering mengundang virus kantuk datang, ketika seseorang membaca sambil tiduran. Kondisi fisik yang kurang fit, banyak beraktivitas, dan masih banyak faktor lain yang membuat fisik ini lelah ketika membaca dan memilih untuk istirahat.

Kesenangan membaca sampai tertidur sudah menjadi kebiasaan. Banyak dari kita terkadang memaksakan kondisi yang seharusnya untuk istirahat , malah diajak begadang. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Misalnya ketika sudah ada tugas dan mengejar deadline, lembur dan begadang sudah mendarah daging di kalangan mahasiswa.

Tubuh dan fikiran juga mempunyai hak yang harus dipenuhi. Hak untuk mengistirahatkan organ-organ yang ada ditubuh karena sudah bekerja seharian penuh. Ibarat seperti mesin yang sering dipakai tanpa ada jeda istirahatnya, tentu akan mudah rusak. Hal ini sama seperti tubuh kita yang memerlukan cukup istirahat. Di samping itu, hak-hak lainnya seperti memperhatikan gizi bagi tubuh juga penting untuk dilakukan demi kelancaran organ tubuh bekerja maksimal.

Membaca juga merupakan salah satu kegiatan yang menjadi hak mata, karena membutuhkan penglihatan. Namun, ada kalanya mata itu lelah dan perlu diistirahatkan. Adapun caranya dengan tidur yang cukup dan berkualitas . 

Mungkin dari kita sering merasakan kantuk walaupun sudah tidur. Tetapi, perlu diperhatikan juga apakah tidur kita sudah seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan seharian? Dan apakah tidur kita sudah berkualitas?

Tidur walau sejenak, tapi berkualitas itu lebih baik. Namun, lebih baik jadwal tidur tertata rapi sesuai kebutuhan. Tidak menutup kemungkinan jika orang yang banyak tidurnya, dijamin tidak ngantuk lagi. Karena meskipun sudah lama tidur, ngantuk akan datang kembali jikalau kebutuhan tubuh kurang tercukupi dan seimbang. 
 

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar