Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BUKAN HANYA SEKEDAR IBADAH

Oleh : Ahmad Zahrowii danyal abu barzah

Bagi umat muslim, Ibadah merupakan hal yang terpenting untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Tetapi masalahnya, pahamkah kita akan sebuah hakikat ibadah?, ibadah sendiri bukan hanya kita berkomunikasi dengan Allah, tetapi ibadah juga mencangkup sesama manusia juga, sehingga banyak dari kita mengira bahwa ibadah hanya menyangkut paut kepada Allah semata. Nah apakah kita sadar bahwa shodaqoh juga termasuk ibadah?. Tentu saja, Shodaqoh juga termasuk ibadah manusiawi karena shodaqoh melancarkan rezeki, Meringankan beban orang lain, dan juga menyenangkan orang lain karna itu shodaqoh bisa melebur dosa-dosa kita.
Berbagai faedah shodaqoh telah banyak terbukti. Hakikat shodaqoh sendiri ialah bahwa shodaqoh bukan hanya berfaedah untuk orang lain tetapi juga berfaedah untuk dirinya sendiri. Sekarang kita bahas tentang hakikat ibadah, yaitu manusia diciptakan untuk ibadah dan semua yang ada di bumi ditundukkan untuk manusia. Sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an yang berbunyi :
وما خلقت الجن والإنسان ليعبدون
"Dan tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah"
Dalam kesempatan ini kita harus menyempurnakan ibadah kita secara ilahi ataupun manusiawi dan bagaimana kita bisa menyempurnakan ibadah kita sendiri ialah mulai dari diri kita. Tetapi ibadah bila tidak menurut petunjuk dari rasul maka hukumnya haram sebagaimana kita mencari jalan tetapi kita tidak tahu arah tujuan kita. Jadi, ibadah juga memiliki masalah yang serius bila tidak digunakan sebaik-baiknya seperti hal nya dalam muamalah, hudud, kebiasaan, dzikroyat wa munasabat. Oleh sebab itu, manusia harus bisa mengontrol diri agar tidak terlalu bergelumit dengan ibadah itu saja karena kita tahu bahwa segi sosial masyarakat juga harus dikembangkan agar tercipta lingkungan yang damai dan sejahtera. Seperti kata syair arab :
"Rumah mereka selama di rumah mereka, Tanah mereka selama di tanah mereka"
Maksudnya ialah :
"Berbuat baiklah selagi kau masih bisa berbuat baik pada orang lain yang ada dalam rumahmu ataupun yang ada dalam satu tanah perkampunganmu"
( Syekh ibnu Syarif Al-Qoirowaani ).
Sebagaimana tercantum bahwa kita sebagai manusia diciptakan untuk ibadah tetapi di samping itu manusia juga harus saling menjaga hubungan antar manusia itu sendiri. 
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar