Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BUANG RASA MALASMU !

Oleh : Hilwah tsaniyah

Malas adalah kondisi dimana seseorang tidak bergairah dalam melakukan atau menjalankan sesuatu. Rasa malas juga salah satu penyakit yang paling mengerikan karena dapat menghambat kesuksesan seseorang. Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut. Rasa malas juga dapat timbul karena kebiasaan seseorang menunda-nunda pekerjaan, yang berakibat menumpuknya pekerjaan tersebut.

Rasa malas muncul pada diri siapapun dan dalam kondisi apapun. contoh pada siswa/siswi yang malas belajar, biasanya malas karena timbulnya rasa kantuk ketika guru sedang menjelaskan pelajaran di depan kelas atau tubuh terasa gerah bahkan berkeringat. Cara termudah yang dapat dilakukan ketika mengantuk adalah dengan membasuh muka dengan air dingin.

Penundaan adalah sebuah problem yang dialami banyak orang. Beberapa orang menyadarinya, sementara lainnya tidak menyadari kalau ia punya masalah tersebut. Dampak dari kebiasaan menunda-nunda dapat menyebabkan seseorang kehilangan peluang emasnya, dan berujung kepada penyesalan.

Salah satu sebab penundaan yang cukup sering adalah keinginan untuk melakukan segala sesuatunya sempurna (perfeksionis) yang akhirnya membuat kita menunda karena menunggu waktu yang tepat. Karena bahwa segala sesuatunya tidak ada yang sempurna akan tetapi segala sesuatu dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Kesempurnaan adalah salah satu hal yang membuat orang selalu menunda pekerjaannya.

Langsung mengerjakannya adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa malas. Karena untuk memulai tindakan atau langkah pertama memang diperlukan dorongan besar. Hal yang harus dilakukan agar tidak menimbulkan rasa malas adalah dengan mengerjakan segala sesuatunya di pagi hari, dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh sedang berkobar semangatnya. Biasakan bangun pagi, mandi, sarapan dan langsung mengerjakan pekerjaan tersebut.

Malas juga dapat timbul akibat mood. Mood adalah perubahan intensitas perasaan. Mood ini juga dialami oleh hampir semua orang. Orang yang paling rajin pun terkadang bisa menghadapi saat-saat yang membuatnya merasa malas. yang dapat membedakan adalah cara mengatasi bagaimana ketika mood yang tidak bagus itu muncul. Ada yang hanaya melamun atau bermalas-malasan dan ada yang mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat misalnya, membaca, menonton, dan lain-lain.

Kemalasan itu sebenarnya sifatnya hanya sementara, yang membuatnya abadi adalah penolakan untuk segera bangkit. Cara mengatasinya adalah mengobarkan semangat dengan perasaan takut ketinggalan sesuatu yang sedang dicita-citakan dan takut terjadi penyesalan dan kesedihan yang mendalam. Membiaskan bersikap disiplin akan mengurangi rasa malas, melakukan sesuatu yang terjadwal, jadi kalau kita sudah memiliki perencanaan yang rapi maka rasa malas itu akan hilang.

Memberikan motivasi pada diri sendiri juga adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sedikit rasa malas. Perlu membuka diri terhadap berbagai pencerahan atau sesuatu yang dapat meng-inspirasi, memotivasi dan menghidupkan pikiran positif.
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar