Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

"ALILATUL HANIYYAH"

Oleh :Inayatul Maghfiroh

Adek kecil ini seringkali mengajakku mengaji, dan anehnya dia lebih suka mengaji tentang kisah-kisah muslimah.untuk berkisah tentang muslimah aku tetap mengatakan mengaji, karena bercerita tentang beliau beliau adalah dimana aku dan Alila dapat mengolah kembali akal dan jiwa bahkan memperbaiki terutama hati. Suatu hari saat aku dan alila akan berangkat mengaji, aku sengaja sekali menayakan suatu hal kepada Alila, ya hanya seputar cita cita.

Alila ..
ya kak Nay .. jawab Alila sambil sesekali membetulkan cadarnya.
kakak boleh tanya dek?
boleh sekali? bertanya apa ka? , tentang Dewi Masyitoh kah kak ? atau Sayyidah Fatimah? jawabnya penuh semangat.
emm.. kakak mau tanya tentang cita-cita wanita sholihah bernama "Alilatul Haniyyah" boleh? hehe .. jawabku penuh keakraban.
ahh Kak Nay ini, boleh dong, jawab Alila tampak malu namun gembira.
ohh kita sudah sampai di majlis kak, wudhu' dulu yuk , nanti Alila jawab dah pertanyaan kakak. ok kak?
he.em .. iya ..
lalu Alila menggandeng tanganku dan mengajakku ke tempat wudhu'. setelah wudhu' sambil menunggu ustadzah Nazla datang , Alila menceritakan tentang cita citanya.

emmh Kak Nay Aku itu ingin seperti bundanya Alila, pandai berkisah tentang muslimah, dan juga menjadi wanita sholihah.
Aku ingin seperti bundanya Alila juga, dengan kisah kisah bunda seputar muslimah, Alila menjadi tahu tentang bagaimana menjadi wanita sholihah yang Alila cita citakan. do'akan ya kak.
iyaa Alila, pasti
oh ya kata bunda Alila, seorang ibu adalah madrasan pertama untuk anaknya, apa kak namanya biasanya bundanya Alila pakai bahasa arab menyebutnya, apa ya kak? Kak Nay tahu?
emm Madrasatul ula kah dek?
yaaa.. benar kak ...pokok Alila pengen seperti bunda. pengen sekali.
tapi sebelumnya Alila boleh tanya kan sama kak Nay?
(Ah Alila kenapa tiba tiba tanya? padahal dan aku lebih senang mendengarkan) ucapku dalam batin.
emhh mau tanya apa Alila?
kemarin saat bunda Alila berkisah tentang cita cita bunda Alila dahulu ada 2 tentang bagaimna menjadi seorang ibu yang baik. dan hanya satu itu tadi yang bunda katakan yang kedua bunda tidak mengatkan karena ketika hendak melanjutkan sudah masuk waktu sholat Ashar kak jadi Alila dan Bunda pun sholat, dan sampai sekarang Alila masih penasaran dengan jawban yan kedua. mungkin Kak Nay tahu?..ayolah kakk ....
MasyaAllah ini anak masih kecil tanya nya sudah aneh2. batinku dalam dalam
Alila terus saja meminta agar aku menjelaskan, meski sebenarnya tahu rupanya kurang tepat jika aku yang menjelaskan. namun Alila tetap saja memaksaku untuk menjelaskan, hinnga ustdzah Nazla pun datang dan Alila masih tetap memaksaku
ayoo lah Kak Nay ,,, jelasinn ke Alila ya..ayo manja Alila sambil menarik narik kerudungku.
mungkin melihat tingkah Alila yang sedikit aneh ustadzah Nazla pun mendatangi kami.

ini ada apa kok Alila merengek.
ini loh ustadzah Kak Nay(Alila pun menjelaskan semua)
emhh .. baik .. biar ustadzan ya yang menjelaskan.
iyaa ustadzah..
ayo masuk dulu, sudah wudhu'?
khollash jawabku bersamaan dngan Alila dan kamipun tertwa bersama.
dan Ustdzah Nazla mulai membuka mengaji hari ini denga Al fatihah.
mengajipun di mulai
oh iya Alila ... yang kedua adalah ibu yang baik selain menjadi madrasatul ula bagi anaknya , ia juga harus menjadi" zaujatul muthi'ah" bagi suaminya. begitu nak
"zaujatul muthi'ah" itu apa ustadzah? tanya Alila penuh penasaran
maksudnya menjadi istri yang ta'at pada suami nak.
maksudanya ta'at bagimana ustadzah?
begini nan "Istri yang taat adalah istri yang mengetahui kewajibannya dalam agama untuk mematuhi suaminya dan menyadari sepenuh hati betapa pentingnya mematuhi suami. Istri harus selalu menaati suaminya pada hal-hal yang berguna dan bermanfaat, hingga menciptakan rasa aman dan kasih sayang dalam keluarga agar perahu kehidupan mereka berlayar dengan baik dan jauh dari ombak yang membuatnya bergocang begitu hebat."
owhh begitu .. pantas bundanya Alila ta'at banget sama abi.emh
terimaksihhh ustadzah...
iya sama sama
oh iya Kak Nay diem saja kenapa..hehe ..
nggak kenap kenap kok Alila jawabku sedikt ggup.
hehe makanya gimana mau jelasin kak Nay, pasti malu ya.. hehe
emhhh ... (entah aku bingung mau menjawab bagimana)
Alila ada ada saja.
sekarang jarang sekali ku temui sosok kecil seperti Alila, maksudku kecil dngan pemikiran yang besar.
sejak itu entah apa saja yang aku lakukan sekiranya benar benar menjadi wanita impian, impian syurga maksudnya.

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar