Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PERAN MILINEAL UNTUK NKRI

Hasil gambar untuk bendera indonesia
Oleh : Dihyat Haniful Fawad

            Pada hakikatnya, pemuda adalah pemimpin masa depan. Tetapi, banyak sekali dari kalangan pemuda yang tidak sadar atau menyadarkan bahwa kontribusi dan eksistensinya dalam masyarakat itu sangatlah dibutuhkan. Mengapa demikian? Karena, secara logika pemuda memiliki tenaga yang masih kuat dan pemikiran yang matang untuk bagaimana berperan di era globalisasi ini.
            Coba kita lihat orang-orang tua saat ini, tidak selayaknya lagi untuk berperan dalam negeri ini. Mereka cukup menikmati hasil jerih payah yang mereka salurkan untuk negeri ketika masa mudanya kemarin. Dan, pemerintah pun sudah memberikan berbagai macam jaminan kepada mereka.
            Lantas, apa yang harus dilakukan oleh pemuda untuk masyarakat? Contoh kecilnya adalah berkontribusi dengan masyarakat, karena bagaimanapun, pemuda adalah sebuah andalan di kalangan masyarakat. Pemuda harus bisa dan mengerti apa yang masyarakat butuhkan.
            Pemuda adalah  Agent of Change atau Change Agent. Yaitu yang bertindak sebagai katalis atau pemicu sebagai terjadinya sebuah perubahan. Contoh Agent of Change di dunia ini salah satunya adalah Hitler. Lihatlah bagaimana Hitler mampu mengubah tatanan dunia dengan memicu perang dunia ke-2. Hanya karena ada satu orang saja seluruh dunia bias kacau balau dibuatnya.
            Agent of Change adalah orang-orang yang punya semangat untuk mendorong seseorang seseorang serta mengilhami semangat pada orang tersebut. Perubahan itu adalah kerja keras dan tentu saja memerlukan banyak energi. Tanpa gairah dan energy maka akan sangat sulit untuk membuat perubahan di dunia ini.
            Masih banyak sekali pengertian-pengertian dari Agent of Change atau Change Agent menurut para ahli. Setiap orang dapat mendefinisikan pengertian dari Change Agent atau Agent of Change. Maka, kita sebagai pemuda ini adalah orang yang harus merubah dunia menjadi lebih baik. Dan, harus ada beberapa sifat dan kriteria yang harus ditanamkan dalam jiwa-jiwa Agent of Change.
            Setidaknya ada lima karakteristik pemimpin yang baik yang harus ada dalam diri seorang Change AgentYang pertama, visi yang jernih. Sebagai pemimpin, seseorang harus memiliki target yang jelas sehingga program kerja dapat disusun dengan baik dan dengan tahapan yang berkesinambungan karena arah yang dituju jelas. Pemimpin yang baik harus bisa menjelaskan ide dan konsep yang ada dalam pemikirannya secara jernih kepada orang lain dan terutama kepada anggota tim kerjanya. Saya pikir Albert Einsten benar, “If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough”.
            Yang kedua, memiliki kegigihan untuk mencapai target. Yang ketiga, bersikap kritis dan analitis. Dengan kata lain, pemimpin yang baik harus selalu bernalar dan menggunakan akal sehatnya. Tidak ada hal yang ditelan bulat-bulat tanpa mengerti substansinya.
            Yang keempat, syarat akan pengetahuan dan memimpin dengan memberikan contoh, bukan hanya dengan instruksi. Yang kelima, membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang sekitarnya dengan membangun kepercayaan. Dengan kata lain, pemimpin yang baik harus memiliki integritas agar dapat dipercaya. (Dini Shanti Purwono : 2017)
            Tak lepas dari kata “kontribusi” sebagai pemuda. Karena memang itulah yang dibutuhkan kalangan masyarakat kepada para pemuda. Zaman sekarang banyak sekali faktor-faktor yang membuat para pemuda tidak berkembang.
            Gadget misalkan, ada sisi negatif dan positif bagi kalangan manusia. Kita bahas sisi negatif dari gadget, gadget merupakan musuh besar bagi para pemuda yang mengacaukan kehidupan mereka. Misal, ketika ingin membeli makan mereka cukup membuka aplikasi online untuk memesan makanan dan akan diantarkan menuju tempat yang diinginkan.
            Malas. Itulah penyakit pemuda zaman sekarang ini. Kecanduan bermain game online misalkan, tiada hentinya memainkan game online karena keseruannya dan penasarannya untuk memenangkan game tersebut.
            Dan juga hoax yang beredar di sekitar kita. Pemuda harus memiliki keintelektualan dalam memilih berita yang baik dan benar. Harus cermat agar tidak terperangkap kepada berita hoax. Ada juga sebagian dari kalangan pemuda yang menyebarkan berita hoax kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian dan sensasi yang diberikat masyarakat kepada mereka.
            Kesimpulan dari semua ini adalah untuk para pemuda generasi milenial ini, harus mengembangkan dan menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme untuk pembangunan negeri ini, tidak hanya pembangunan bangunan, tetapi pembangunan sumber daya manusia yang berintegrasi kuat.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar