Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

HASIL NGAJI

Hasil gambar untuk ngaji

Oleh : Ilman Mahbubillah

Dari rutinan kajian umum kitab Risalatul Muawanah yang rutin diadakan setiap Jumat malam maka sedikit penulis akan membagikan hasil dari apa yang telah didapatkan dari pengajian itu. Namun tulisan ini dibuat sesuai kadar kemampuan dari penulis untuk menangkap apa yang telah disampaikan oleh sang guru, dan apabila ada sesuatu yang salah atau kurang maka itu adalah murni kesalahan dan kelalaian dari penulis.
Kajian kitab ini membahas tentang 4 perkara yang Allah berikan pada Bani Adam untuk memudahkan meraih seluruh tempat kebaikan yang ada dalam setiap hidup. 4 perkara ini adalah yang pertama yakni;
1.      Sediakan urusan yang khusus hanya untuk Allah semata, yakni mencakup sikap kita dalam melaksanakan sesuatu. Seperti dalam hal beribadah pada Allah, tidak mensyirikkan Allah dengan sesuatu apapun baik itu secara keyakinan, perkataan, dan perbuatan, lalu dalam hal ibadah tersebut adalah ikhlas nya seseorang dalam menjalankannya. Maka ketika seseorang dengan ikhlas melaksanakan ibadahnya maka seorang itu akan merasakan hasil dari ibadahnya tersebut berupa perubahan dalam dirinya.
2.      Sediakan urusan untujmu sendiri, yakni berupa amal seorang hamba dan perbuatannya dalam memenuhi kadarnya menjadi manusia yang tentunya tidak berlebihan sampai melalaikan urusan lainya. Urusan yang dimaksudkan disini adalah seperti perkara makan, minum, istirahat. Dan sesungguhnya kemuliaan Allah adalah bukanlah dari perbuatan taat seorang hamba, tetapi dari amal perbuatan baik seorang hamba maka Allah akan memuliakannya, dan ketika seorang hamba lain melihat kemuliaan yang terdapat pada seorang hamba disitulah juga memperlihatkan juga betapa Allah tuhan dari sang hamba tersebut adlah maha mulia dan memuliakan.
3.      Sediakan urusan yang khusus antara Allah dan Kamu (Bani Adam), yang dimaksudkan disini adalah bagi seorang hamba adalah berdoa dan permihonan pada Allah, maka bagi Allah adalah menerima permohonan hambanya karena sesungguhnya dalam banyaknya permohonan doa seorang hamba pada Allah maka itu adalah sebuah bukti eratnya hubungannya dengan Allah dan Allah pun juga tidak pernah menyia-nyiakan doa permohonan hambanya. Dalam hal ini ditemukan sebuah fakta bahwasannya ketika seorang hamba dimintai permohonan dan pertolongan maka semakin banyak permohonan itu maka seorang hamba akan semakin kesal dan cenderung marah akan tetapi Allah sebaliknya semakin banyak seorang meminta maka juga semakin Allah cinta. Tetapi dalam hal ini syarat dalam ijabah nya doa yang dapat diyulis disini adalah dengan menghindari makanan haram, mencari washilah denagn minimal memuji Allah dan Sholawat pada Nabi Muhammad SAW.
4.      Sediakan urusan khusus antara kamu (Bani Adam) dan hamba-hambaku yang lain, maksudnya yakni berteman, silaturrahmi, maupun bermuamalah. Maka, cara beteman yang dicontohkan disini adalah perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan, maka dari sini ukurlah cinta, kasih sayang, dan simpati kamu terhadap orang lain maka dalam ukuran itulah orang lain juga memperlakukannmu. Maka siapa orang yang tidak memperdulikan urusan orang-orang Islam, maka ia bukan termasuk daripadanya.

Pada pertemuan kajian ini ditutup dengan pesan bahwasannya kesuksesan terbesar kita adalah ketika seorang hamba berkumpul dan bersatu, dengan persatuan ini akan menjadi sebab datangnya Rahmat dan Ridho Allah, karena ridho adalah pencapaian tertinggi seorang hamba, dalam satu riwayat kadar seorang muslim yang jika ia sudah mendapatkan ridho Allah maka segala perbuatan maupun perkataanya adalah juga perbuatan dan perkataan Allah artinya yakni ia sudah menafikan dunia dari tujuan segala perkataan dan perbuatannya yang murni hanya untuk Allah.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar