Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Perumahan Al-Qur'an


(Program Gema Al-Qur'an; Pembelajaran, Kajian, dan Tilawah)







Perumahan yang berada di pinggir kota Malang, dengan di kelilingi bukit-bukit menghijau, jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, pohon cemara berjejer rapi di jalan utama, dengan angsa yang menyambut mesra. Perumahan *Bukit Cemara Tidar* (BCT) Sukun Malang. 

Perumahan dengan ratusan keluarga, memiliki solidaritas  tinggi, kemajemukan yang terbina rapi, kerukunan beragama saling menghormati, selalu membuat kesan indah bagi yang pernah menghuni. Perumahan rasa kampung dalam guyup-rukunnya. 

Di tengah-tengah perumahan ini berdiri Masjid besar, "Baiturrahman" atau "Rumah Sang Pengasih" yang berada di jalan utama, dengan berbagai hajad besarnya. 

Dari sinilah kajian dan pengajian Al-Qur'an terpatri, ia tidak hanya menjadi tempat shalat berjamaah dan kajian rutin keagamaan, tapi menjadi markaz besar dari berbagai kajian dan pengajian keagamaan, bagi umat Islam di perumahan tersebut, yang memiliki lima program utamanya (Rukun Khidmah) : 1) Kajian Keislaman, 2)  Lazis Baiturrahman, 3) Pendidikan Al-Qur'an, 4) Biro Konsultasi Hukum Islam, 5) Biro Konsultasi Keluarga Sakinan

Hajad besar yang sedang berjalan adalah pemugaran masjid Baiturrahman, dan syiar serta gema al-Qur'an untuk muslim di lingkungannya, dengan kegiatan; 1) Tarbiyatul Qur'an (Tadris Al-Qur'an), peserta ibu-ibu dan bapak perumahan yang rata-rata berumur 30-70 tahun, dengan berbagai jenjang kelas, menggunakan metode UMMI, yang diikuti kurang lebih 100 peserta.  2) Terjamatul Qur'an yang juga diikuti oleh bapak-bapak dan ibu-ibu di atas umur 35 tahun, belajar mengeja kata, tuk memahami isinya. 3) Kajian dan tilawah Subuh Al-Qur'an, kajian melingkar oleh jamaah masjid, setiap pagi setelah shalat subuh, tidak hanya tilawah, tapi membaca tafsir-tafsir yang ada;  Jalalain, Misbah dll. 

Selanjutnya' 4) TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) dengan para asatidz yang sudah bersertifikat dari pemula sampai Aly, dikelola dengan profesional, digratiskan untuk semua.  5) PAUD Al-Qur'an Baiturahman, bemain sambil menghafal Al-Qur'an, pendidikan usia dini yang sudah berjalan dua semester, dengan motto "Al-Qur'an My live" dan kini akan memasuki tahun kedua, anak-anak yang masih berumur emas (3-5) sudah hafal berbagai surat dalam Al-Qur'an. Dipandu oleh guru-guru lulusan Univeritas ternama di Malang. 

Kini ada program terbaru, 7) Darut Tahfidz lil Athfal Baiturrahman, program 5 tahun menghafal al-Qur'an, dengan 10 level, anak berusia 3-10 tahun. Yang akan dibimbing para huffadz yang dipilih oleh pengurus Masjid Baiturrahman. Program menghafal al-Qur'an 30 juz untuk anak dengan gerak terjemah. Dengan manajemin yang dikelola oleh Pengurus TPQ, Takmir Baiturraman dan Asatidzah Pondok Darun Nun Malang.

Dari beberapa Program Al-Qur'an tersebut, Santri menjejal memenuhi Masjid Baiturrahman, namun masjid tidak mampu menampungnya, karena keterbatasan tempat, maka panitia pembangunan yang diketuai Bapak A. Jufri, S. TM, M.T  dan Bapak Anas Mansur, S.M terus melakukan renovasi dan inovasi, maka uluran tangan para muhsinin sangat diharapkan untuk dapat membantu biaya pembangunan yang tidak sedikit tersebut. (Lihat rekening Pembangunan) 

Al-Qur'an yang menjadi rujukan muslim, selalu digemakan di tempat ini (Masjid), dengan kajian-kajian tafsirnya oleh Dr. H. Thoriquddin, Lc. MA yang juga sebagai ketua Takmir Masjid Baiturahman, dan Ustadz A. Izzuddin, M. HI. Dan Asatidz lainnya. 

Kegiatan Khatm Al-Qur'an dikoordn oleh Ustadz Nur Kholis, M. Pd, dan beberapa asatidz lainnya, serta santri PP. Darun Nun. Sedangkan Program Tahfidz Al-Qur'an yang diberinama Darut Tahfid Lil Athfal diasuh oleh Ustadz Alfitusyarafah (Ustadzah Tahfidz PP. Darun Nun) dan beberapa asatidzah lainnya. Juga PAUD al-Qur'an Baiturrahman yang diketuai oleh Ustadzah Sayyidah Hafsoh, M. Pd. Serta Tadris al-Qur'an, diketuai Ibu Dwi Sabrina (Ibu RW 9). TPQ Baituurahman diketuai oleh Bapak Karimi, Dan halaqah-halaqah al-Qur'an lainnya yang berada di Masjid ini. 

Indahnya, bila kegiatan al-Qur'an ini selalu ramai, serta dapat menjadi pedoman dan prilaku hidup, khususnya di perumahan ini dan masyarakat umum. 

Bagi yang berminat mendaftarkan putra putrinya di PAUD Al-Qur'an, Darut Tahfidz Al-Qur'an Lil Athfal, TPQ, Tadris Al-Qur'an dapat menghubungi kontak dibrosur berikut. bagi Mahasiswa dan Mahasiswi yang ingin pintar Menulis dan Cakap Berbahasa serta mengkaji Al-Qur'an (Tafsir, Balaghah dll) juga dapat mendaftarkan di PP.Darun NUN 

"Al-Qur'an My Live"

Halimi Zuhdy
Jamaah Masjid Baiurrahman dan Khadim PP.Darun Nun

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar