Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Adab-adab dalam Belajar

Image result for suasana belajar dipesantren

Belajar merupakan salah satu kebutuhan manusia, untuk menggapai cita-cita misalnya, atau untuk mengubah tingkah laku, merubah kebiasaan agar lebih baik serta masih banyak lagi tujuan yang lainnya. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut kita harus tau bagaimana belajar yang baik, kenapa demikian? agar bisa mencapai tujuan belajar dengan baik pula. Sebagaimana banyak dejelaskan dalam kitab-kitab yang menerangakan tentang ta’lim (belajar) seperti Tanbihul Muta’alim, Ta’limul Muta’alim, dan masih banyak lagi kitab yang lainnya.  Adapun beberapa adab yang dijelaskan dalam kitab ta’limul muta’alim diantaranya :
1.      Niat
Niat merupakan pangkal dari segala amal, begitu pula dalam belajar hendaknya mempunyai niat bersungguh-sungguh untuk dalam mencari ilmu agar mendapat ridho Allah swt, juga mempunyai niat untuk menghilangkan kebodohan, untuk menghidupkan agama. Dengan niat pula pelajar akan selalu terpacu untuk menggapai tujuan dari yang diniatkan.
2.      Memuliakan ilmu dan orang yang mempunyai ilmu
عْلَمْ، بِأَنَّ طَالِبَ العِلْم لاَيَنَالُ اْلعِلْمَ  وَلَا يَنْتَفِعُ بِهِ اِلَّا بِتَعْظِيْمِ اْلعِلْمِ وَاَهْلِهِ وَ تَعْظِيْمِ الاُسْتَاذِ وَتَوْقِيْرِهِ
Ketahuilah, sesungguhnya orang yang mencari ilmu tidak akan memperoleh ilmu dan kemanfaatannya, kecuali dengan memuliakan ilmu beserta ahlinya, dan menghormati guru.

Diantara ciri-ciri mengagungkan ilmu :

1.       Memuliakan kitab dengan memegangnya dalam keadaan suci
2.       Meletakkan kitab di tempat yang (terhormat)
3.       Memperindah tulisan (catatan) Tidak menulis dengan warna merah karena ulama salaf tidak    melakukannya
  
Adapun termasuk adab memuliakan ilmu adalah dengan menghormati teman, mendengarkan guru, tidak duduk di dekat guru kecuali terpaksa, menjaga ilmu dengan akhlaq mulia dan menjauhi sifat sombong karena ilmu dapat diperoleh dengan kerendahan hati

3.      Bersungguh-sungguh, tidak bosan, dan semangat bercita-cita
Sebaiknya orang yang menuntut ilmu itu tidak tidur di malam hari, barangsiapa yang memiliki cita-cita tinggi dan ingin menemui derajat mulia maka janganlah tidur di malam hari. Jauhilah tidur. Sedikitkan makan. Jagalah dari kenyang. Teruslah belajar dan mengulangnya. Belajarlah terus menerus jangan sampai bosan. Jagalah diri dari makanan haram. Jauhilah menunda waktu.
Sebagai pelajar kita harus mempunyai kesungguhan , harus mempunyai cita-cita yang luhur. Dengan kesungguhan kita akan dapat mencapai cita-cita, banyak sekali bentuk kesungguhan dalam belajar, beberapa diantaranya sudah disebutkan diparagraf sebelumnya.
Sebagaimana juga disebutkan dalam mahfudhot “ Man Jadda Wa Jada” yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar