Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Zaman Semakin Canggih, Tapi Mencari Guru Jadi Semakin Sulit


Picture from: santrinulis.com
Oleh:
Nur Sholikhah





            Di zaman modern, ilmu pengetahuan begitu mudah didapatkan secara instan melalui media sosial. Kapanpun dan di manapun, kita bisa mengaksesnya tanpa perlu berpikir panjang. Banyak orang berubah menjadi sakti, tiba-tiba ahli ekonomi, ahli gizi, ahli agama, ahli tafsir, ahli fiqih dan ahli ilmu lainnya. Bahkan banyak juga yang memiliki keahlian ganda sehingga bisa berbicara tanpa hemat kata dan penuh amarah.

            Mungkin itu adalah salah satu akibatnya jika kita belajar tanpa ada guru yang menuntunnya. Apapun yang dibaca tiada dicerna dan menjadi liar menurut persepsi kita. Apalagi jika itu berkaitan dengan hal agama. Apa yang jelas menjadi semu seketika. Dan apa yang semu berubah menjadi hal yang nyata.

            Padahal belajar agama tak bisa instan yang hanya mengandalkan membaca di media sosial dan buku-buku terjemah. Belajar agama butuh proses dan yang paling utama harus ada guru yang menaunginya. Itupun tak bisa sembarangan guru, karna mencari guru agama haruslah yang jelas sanad keilmuannya. 

            Jangan sampai terlena, apalagi dengan banyaknya ustadz dadakan yang bertebaran di media. Mereka berceramah seolah-olah paham segalanya, mencomot hadits tanpa hafal perawinya dan menjajakan ayat-ayat tanpa tahu tafsir yang sebenarnya. Berbekal kepandaian berbicara dan mengatur kata-kata, ia berhasil menarik perhatian penduduk sosial media.

            Maka jangan heran jika kita sering mendapati orang yang begitu mudahnya menyalahkan sesama, mendebat dengan banyak kata dan isi ceramah yang membuat resah. Bisa jadi mereka belajar terhadap guru yang salah atau yang tidak jelas keilmuannya. Karena orang-orang yang ahli akan menjawab setiap masalah dengan kelembutan ilmunya bukan dengan letupan amarah.

            Dan pada intinya, mencari guru itu memang hal yang mudah karna semua orang bisa jadi guru untuk kita. Namun untuk mendapatkan guru yang benar-benar menguasai dan mencintai ilmunya adalah perkara sulit. Apalagi di zaman modernisasi ini, siapa saja bisa menyamar. Menjadi polisi, tentara, dokter, dosen, ekonom bahkan ahli agama.

            Belajarlah ilmu agama dari seorang ulama atau kyai, jangan hanya belajar melalui buku dan media sosial apalagi kepada ustadz-ustadz yang suka membenci sesama. Begitupun dengan ilmu lainnya, carilah guru yang benar-benar menguasai bidangnya. Karna di situlah kita akan menemukan muara ilmu yang indah, di dalamnya kita bisa merasa senang dan semakin mengagungkan nama Tuhan. Bukan malah membuat hati resah karna ujaran kebencian.




Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Malang, 13 Februari 2019
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar