Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Fiqih dan Wanita, Mengapa?



By: Nurmiati Habib



Dinamika kehidupan manusia setiap harinya terus bekembang pesat dikalangan masyarakat, sehingga menyebabkan begitu banyaknya permasalahan mucul dalam tatanan sosial. Tanpa terkecuali masalah wanita. Wanita sebagai pribadi orang yang melewati serangkaian proses alami pertumbuhan dan perkembangan hormon dalam tubuh. Contohnya saja seperti menstruasi, melahirkan, nifas dan lainnya. Allah SWT telah mengatur sedemikian rinci tentang cabang ilmu hukum tersebut.Salah satunya yakni ilmu fiqih. Mengapa ilmu fiqih itu penting?

Ilmu Fiqih adalah ilmu tentang hukum-hukum syariat yang diambil dari dalil-dalilnya melalui metode (ijtihad dari para mujtahid). Ilmu fiqih adalah ilmu yang sangat penting selain ilmu tauhid, karena dengan belajar ilmu fiqih kita akan mengetahui bagaimana tata cara sholat, tata cara puasa ataupun yang lainnya. Umar bin khattab berkata “janganlah berjual beli di pasarku ini kecuali yang mengetahui ilmu fiqih”. Mengapa umar berkata seperti itu? ..karena orang yang tidak tau ilmu fiqih tidak akan mengetahui apakah hukum muamalahnya sah ataupun  atau malah haram tanpa kita sadari.

Dalam syarah kitab Alala yang membahas ilmu fiqih :

Ngajio Fiqih Kerono Unggule Lan Nuduhake,

Maring Bagus Lan Wedi Allah Luwih Jejeke

Ilmu Fiqih Kang Nuduhake Dalan Pituduh.

Hiyo Benteng Kang Nyelametake Sekehe Pekewuh”

Pelajarilah ilmu fiqih karena ilmu fiqih adalah sebaik-baik panutan menuju kebaikan dan ketakwaan, dan paling lurusnya sesuatu yang lurus. Ilmu fiqih adalah lambang yang menujukan jalan hidayah dan benteng yang menjaga dari setiap sesuatu yang memberatkan.



Dari syarah tersebut kita bisa mengambil kesimpulan betapa pentingnya untuk mempelajari ilmu fiqih, khususnya untuk kaum hawa. Begitu banyak pembahasan di dalam ilmu fiqih yang khusus membahas hal-hal mengenai wanita. Ketika kita memperhatikan fiqih secara otomatis keimanan kita bertambah, bagaimana tidak?  Belajar fiqih yaa belajar agama, contohnya saja kita belajar sholat. Awalnya kita tidak mengetahui apa saja yang membatalkan sholat, bagaimana tata cara sholat ataupun bagaimana cara bersuci dari kotoran dan macam-macam darah wanita dan lain sebagainya. Semua itu secara terperinci dibahas dalam ilmu fiqih. Apalagi begitu mudahnya untuk saat ini belajar mengenai ilmu fiqih, banyak sekali buku-buku dan pengajian-pengajian yang membahas tentang fiqih wanita.

Semakin kita memperhatiakan fiqih kita, semakin kuat pula iman kita kepada Allah SWT.  Wanita yang cerdas adalah wanita yang mengetahui Fiqihnya.











           


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar