Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

JANGAN TAKUT UNTUK BERMIMPI JANGAN RAGU UNTUK BERUSAHA



Oleh: Kamila Maryam Kotta
 


Mimpi adalah suatu hal yang tak asing lagi bagi kita, ketika tidur kita akan masuk kealam mimpi, ada yang bermimpi terbang hingga kesuatu taman yang sangat indah, ada juga yang mimpi dikejar-kejar orang  tak dikenal yang membuatnya tak ingin memejamkan mata untuk waktu lebih lama lagi. Pada hakikatnya semua orang dapat bermimpi, namun hanya sedikit dari mereka yang dapat memaknainya.

Lantas apakah yang dimaksud dengan mimpi? arti kata mimpi dalam KBBI (kamus besar bahasa indonesia) adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur dan juga bisa diartikan sebagai angan-angan. Namun yang ingin saya bahas kali ini adalah mimpi yang memiliki makna angan-angan, mimpi dalam kehidupan nyata.

Pada hakikatnya semua orang pasti memiliki mimpi, mulai dari mimpi yang sederhana hingga yang luar biasa. Ada yang bermimpi ingin menjadi dosen, liburan keluar kota, bahkan ada juga yang ingin keluar angkasa. Itulah manusia, yang diberikan nikmat berharga berupa akal pikiran dan nantinya dapat ia gunakan untuk merancang kehidupannya dimasa depan, maka dari itu merugilah orang-orang yang tak mempunyai mimpi serta harapan. seperti yang dikatakan seorang pemimpi hebat  “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”Andrea Hirata.

Ketahuilah!!! Setiap kesuksesan bermula dari sebuah mimpi kecil, yang mana tak membutuhkan uang dan tenaga untuk bisa memulainya. Kita hanya perlu bermain dengan imajinasi kapan dan dimana pun kita kehendaki. Karena mimpi adalah kerangka dari sebuah harapan. Dunia nyata dibelenggu dengan peraturan, namun mimpi lebih bebas dari sebuah hak asasi.
  
Dan adapun yang dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah

 “Tingginya cita-cita seseorang adalah tanda
kebahagiaannya, sedangkan rendahnya cita-cita
seseorang adalah tanda bahwa dia tidak akan
menggapai kebahagiaan itu.”
                                      
Ada pepatah yang mengatakan “mimpi bukanlah sesuatu yang kita lihat ketika tidur, tetapi mimpi adalah hal yang membuat kita terbangun untuk mewujudkannya”, betapa bermakna kata-kata diatas, dari situ saya paham bahwa memang benar mimpi adalah main map kehidupan kita, namun ia tak akan bermakna jika tidak ada tindak lanjut dari diri kita sendiri yang disebut dengan usaha.

Adakalnya mimpi berada dibelakang garis kehidupan, ada yang tepat digaris, bahkan ada juga yang jatuh jauh melebihi garis... tak ada yang dapat memastikannya, namun usaha dapat membuktikannya. Seperti yang saya rasakan, delapan tahun lalu entah datang dari dunia mana harapan ini, tiba-tiba muncul keinginan untuk sekolah diluar kota. Jangankan untuk sekolah jauh, bahkan untuk bermimpi saja saya masih ditertawakan banyak orang, bagaimana tidak? Ditinggal orang tua pergi sebentar saja sudah menangis, apalagi nanti akan pisah bertahun-tahun lamanya, namun itu bukanlah penghalang bagi saya, dorongan terbesar yang saya dapatkan datang dari orang tua dan itulah yang membuat saya memilih untuk maju dan mewujudkan mimpi ini. Dan ternyata mimpi saya jatuh jauh melebihi garis, awalnya saya hanya ingin menempuh pendidikan diluar Kota setidakny sampai tingkat SMA saja, namun takdir berkata lain, hingga saat ini delapan tahun lamanya saya masih bertahan dinegeri padi ini. 

Ada sya’ir Arab yang isinya
كن رجلا رجله تحت الجبال # وهمّته فوق الثّريّ والزحل
Jadilah engkau seorang sekalipun kakinya dibawah gunung, tetapi cita-citanya diatas bintang tsuraya dan zuhal. 

 Terlebih dari semua itu kita hanyalah manusia biasa, yang pandai merancang namun tak pandai menerima, maksudnya ketika mimpi dan harapan sudah kita rancang sedemikian baiknya, usaha telah kita lakukan dengan sekuat tenaga, selebihnya biarkan Allah yang mengatur, serahkan semuanya kepada Allah. Karena ketika harapan dan usaha tidak disandingkan dengan tawakkal maka hanya kekecewaan yang kita dapatkan. Tapi sebaliknya, jika kita mampu menyandingkan ketiganya maka kebahagiaannlah yang akan kita raih. 
 
Intinya jangan takut untuk bermimpi,
dan jangan ragu untuk berusaha karena
Bangunan kokoh dibangun dengan pondasi begitupun  kesuksesan dimulai dengan mimpi...


Pondok Pesantren Darun Nun
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar