Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

" Hidup itu membutuhkan ilmu"



oleh : Neng Sumiyati 



Semakin mudah akan semakin lengah
Semakin mewah akan lupa tanah
Semakin canggih akan banyak sumpah serapah
Semakin susah bagi yang tidak bersusah payah

Di zaman yang serba mudah, cepat, Harga bersahabat, semakin melahirkan generasi yang rupa-rupa. Tapi sebagian orang ada yang menikmatinya atau sama sekali tidak memperhatikan keadaan.Pengumuman diskon di papan-papan toko pusat perbelanjaan seolah menjadi incaran utama bagi mata yang mempunyai ketertarikan luar biasa pada bidang tersebut.Popularitas antar organisasi seolah menjadi trend semata, walaupun kenyataannya banyak menimbulkan cerita dan tanda tanya, karena saling memperketat perbedaan namun lupa persatuan.

Hiruk pikuk dunia yang dikejar demi melengkapi kehausan jiwa terhadap sesuatu yang belum tentu berguna.Seolah lupa terhadap kenyataan dahulu kala orang-orang binasa karena menyekutukan sang maha kuasa.Berita viral via sosial media seolah menjadi pantauan nyata dihari-hari yang penuh drama.Tontonan remaja yang dinilai merasuki jiwa sedang menjalar ke mana-mana, pergaulan bebas menjadi kisah kelam dibalik indahnya kota perantauan.

Warung-warung kopi selalu penuh dengan barisan motor para pengunjung, yang mayoritas adalah para mahasiswa, konon katanya tempat untuk berdiskusi namun kenyataannya ada sebagian dari mereka yang hanya menghabiskan sore hingga malam hari untuk sekedar bersenda gurau, diskusi cinta atau keluhan semata.Kenyataan dari sebagian orang itulah yang melahirkan generasi kurang membaca namun bercita-cita membangkitkan negara.

Seorang petani, pedagang bahkan penjaga sekolah atau satpampun butuh pedoman dalam kehidupan sehari-harinya.Dan sejatinya semua orang membutuhkannya.Pedoman yang dimaksud adalah ilmu.Masing-masing orang harus tahu ilmu, harus mau menuntut ilmu serta menyebarkan ilmu.Di zaman yang serba mudah ini, jika kehidupan tidak di landasi ilmu maka akan terasa tak berpondasi, yang kenyataannya hanya akan muncul masalah dan masalah.

Seseorang akan lebih mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan benar dalam keadaan zaman seperti ini, tidak lain juga kehidupan harus diimbangi dengan ilmu.Penyediaan fasilitas kehidupan yang sangat pesat juga bisa menyebabkan generasi yang kurang mandiri, malas serta mewah.Dengan ilmu justru semua itu bisa menjadi rambu-rambu larangan bagi siapa yang mengetahuinya.

Sebenarnya juga di zaman ini, kita akan sangat mudah untuk mendapatkan pengetahuan.Tentunya tergantung masing-masing orang yang memanfaatkannya.Betul kata pepatah “Ponsel cerdas hanya untuk orang cerdas”.Banyak manfaat serta banyak hal negatif di dalamnya.Namun kembali lagi, itu bagi yang kurang cerdas menggunakannya.Selagi masih diberi waktu untuk terus menuntut ilmu, selagi masih bisa menggunakan pena, selagi masih diberi kesempatan, maka pergunakanlah waktu yang ada untuk mencari ilmu tersebut, agar hidup senantiasa berada dalam tatanan yang nyata.



Pondok Pesantren Darun Nun Malang






Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar