Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

“Berkode Etik dalam sebuah Perkumpulan”


Oleh : Thibbiatul Mirza Amalya

Perkumpulan adalah adanya sekelompok orang bekumpul dengan tujuan yang sama. Perkumpulan yang dimaksudkan adalah sebuah majelis ilmu. Dimana seseorang dapat menuntut ilmu dengan duduk mendengarkan pemateri yang memberikan seputar ilmu yang dibutuhkan. Kita sebagai Muslim Muslimah yang patuh dengan aturan-Nya hendaklah menuntut ilmu walau sampai ke liang lahat, terutama dalam ilmu agama. Sebagaimana sabda Rasul yang mengatakan menuntut ilmu mempunyai keutamaan lebih baik daripada shalat seratus rakaat
Suatu saat juga akan tiba masa dimana ilmu akan diangkat dari dunia, dan ini adalah satu dari sekian tanda datangnya hari kiamat. Dan akan celaka bagi orang-orang yang menghiraukan tuntutan dan aturan dalam menuntut ilmu. Sebagaimana firman Allah yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِير
Yang artinya :
“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
Dari ayat tersebut begitu jelas bahwa perintah ini langsung dari Allah dan wajib dilaksanakan oleh setiap hamba-Nya di bumi. Dalam menuntut ilmu juga bukan sekedar duduk dan mendengarkan saja. Tapi ada beberapa etika atau adab yang perlu diperhatikan. Bagai bolpoin dan kertas yang harus bersama dan berpasangan.
Ada begitu banyak tata sikap yang harus diperhatikan agar proses belajar berjalan dengan baik. Sehingga kemanfaatan ilmu tersebut dapat mengantarkan kita pada jalan keberhasilan dengan sukses di dunia dan selamat di akhirat kelak. Hal utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana niat kita dalam mengikuti setiap majelis ilmu. Sudahkah semata-mata dilakukan karena Allah dan bukan karena hal lain. Keharusan dalam menghormati guru dengan bersikap santun adalah perilaku yang harus dimiliki. Selalu melakukan apa yang diperintahkan di dalam maupun luar majelis.
Selain itu juga masih ada beberapa etika lainnya seperti, memulai dan mengakhiri acara dengan membaca doa, tidak asyik berbicara sendiri dengan pembahasan diluar majelis, dan berpakaian sopan sesuai dengan situasi dan kondisi. Jika semua berjalan sesuai aturan maka setiap kebaikannya akan dihitung sebagai pahala oleh-Nya. Sesungguhnya semua telah diatur sesuai tempatnya masing-masing.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar