Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Benarkah ahlan wa sahlan berarti selamat datang?

Image result for menyambut tamu dirumah

Oleh : Inayatul Maghfiroh

Sering kali dalam dunia bahasa arab, kalimat “ Ahlan wa Sahlan “ di ucapakan sebagai bentuk penghormatan kepada tamu, yang secara sekilas bermakna ‘ selamat datang’. Berawal dari kebiasaan mengamati hal-hal sekitar, tiba-tiba terlintas kenapa ahlan wa sahlan ? ahlun yang artinya keluarga dan sahlun yang berarti mudah? Kenapa tidak menggunakan kalimat tahniah misalnya yang berarti selamat, dan hadir/ hadara  yang bermakna “ datang” kan selamat datang ?.  ternyata…

Ungkapan ahlan wa sahlan sangat erat kaitannya dengan pernyataan  tamu adalah raja, maka dari kata ahlun yang artinya keluarga memberikan penjelasan bahwa ketika tuan rumah kedatangan tamu, mereka menganggap kau ( tamu) telah kuanggap bagian dari keluargaku maka dari itulah disebut ahlun, dan karena kau bagian dari keluarga maka akan kumudahkan urusan-urusan dan kebutuhanmu demikianlah makna dari sahlun, atas alasan itulah kalimat ahlan wa sahlan diartikan sebagai ungkapan selamat datang, namun bukan sekedar ucapan selamat datang tetapi penyambutan dengan sanjungan yang penuh kehangatan.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar