Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

APA KABAR HATI?


Oleh : Mutiara Rizqy Amalia

Hati laksana aplikasi google play store yang selalu update tiap waktu dan update setiap menerima pembaharuan. Hati sesekali membutuhkan perawatan yang intensive di klinik khusus. Yah betul, hati perlu dihadirkan disebuah majelis ilmu ataupum dzikir, mengharap hati diberi obat dan pulih kembali seperti semula. Terkadang hati bilang tak pantas dan tak sanggup hadir dalam sebuah tempat yang penuh kesejukan, diri ini ibarat sisa makanan yang terdapat di lantai, sangat terlihat oleh mata. Namun jika tak dicoba masuk kesebuah taman surga, pastilah sisa makanan itu tetap terlihat jelas. Tujuan hadir di majelis inilah, agar sisa makanan itu bersih dan tak terlihat. Karena di majelis engkau bisa memandang orang-orang sholih, yang memandangnya saja engkau dapat memperoleh keberkahan dan beliau-beliau. Bisa jadi orang-orang sholih tersebut pernah mimpi bertemu dengan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda :

طوبى لمن رآني، و لمن رأى من رآني، و لمن رأى من رأى من رآني

“Sungguh beruntung orang yang melihatku dan melihat orang yang melihatku dan melihat orang yang melihat orang yang melihatku.” ( HR Abdun bin Humaid)

Majelis inilah klinik abadi spesialis hati, berkumpul bersama para auliya’, sambung silaturahmi antar muslim, dan terlebih lagi mendapatkan ilmu yang luar biasa. Ilmu tidak hanya kau dapatkan dari hasil mauidhoh hasanah dari sang penceramah, tapi ilmu juga bisa kau ambil dari sekitar tempat dudukmu. Betapa semangatnya mereka hadir majelis, mereka membawa para putra-putrinya yang masih kecil untuk diajak hadir bersama orang-orang sholih, mereka diajarkan cinta kepada auliya’, mereka diperlihatkan hal-hal yang baik, mengharap kelas agar para anak-anaknya meniru dan berperilaku seperti para kekasih Allah SWT.

Salah satu maqolah dari Hubabah Ummu Zein “berhusnudzonlah kamu terhadap orang-orang di sekelilingmu, siapa tau mereka adalah para wali Allah”. Tidak ada ruginya jika kita berprasangka baik terhadap sesuatu, justru merugilah mereka yang berprasangka buruk. Terkadang kita berpikir bahwa kita adalah manusia yang lebih baik dari mereka di sekitar yang hadir di majelis, padahal siapa tau di antara mereka ada seseorang yang tulus dari hati ingin bertaubat kepada Allah SWT. Dan mereka inilah yang lebih banyak mendapat keberkahan dan pengangungan dari Allah sebab rasa tulus ingin bertaubat.


Semoga kita senantiasa diberi Allah kebaikan, keberkahan, keridhoan yang tak terputus. Rasa cinta kepada Baginda akan selalu bertambah dan semoga selalu mengikuti jalan para salafuna as-sholih, aamiin.


09022019
23:00
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar