Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

prioritas dalam nahwu


                                  Oleh : savinatul jannah
     Pelajaran ini bisa kita dapati tatkala kita sampai pada pembelajaran macam2 i'rob, diantaranya Rofa', nashob, jar, dan jazm..
Banyak kitab yang memaparkan macam-macam i'rob seperti mana urutan di atas. Dan memang itulah pengurutan yang sesuai. Mengapa demikian?
i'rob jar dan jazm berada di dua urutan terakhir, sebab keduanya adalah pribadi yang terlalu fanatik. Hanya berkenan masuk di satu kalimah lalu enggan masuk di kalimah lainnya. Berbeda dengan kedua i'rob lainnya; rofa' dan nashob yang ada kalanya membaur dengan kalimah ini, lalu ada kalanya pula berakrab dengan kalimah lain.
lalu apa sebab yang menjadikan i'rob rafa' lebih dikedepankan ketimbang i'rob nashob.. ?
yups, tersebab ianya berisi bagian-bagian penting dalam jumlah mufidah (kalam 'umdah).. Sebut aja diantaranya; Fa'il, na'ibul fa'il, mubtada' dan khobarnya. Kesemuanya berada pada i'rob rofa'.
Sedangkan i'rab nashab padanya hanyalah kalam fudhlah (tambahan) saja. Seperti  maf'ul bih yang tak selalu dibutuhkan, maf'uh fih (keterangan tempat atau waktu), maf'ul li ajlih (ket.sebab), 
Maka belajar macam-macam i'rob pun,  kita diajarkaan untuk mendahulukan yang penting dan mengakhirkan yang nggak penting dan nggak terlalu penting.
dawuh ustad " tirakat mu hari ini adalah penentuan masa depan mu"
THERE IS NO PAIN WITHOUT GAIN


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar