Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pentingnya Bertalaqqi





Melihat jaman sekarang, dimana teknologi semakin berkembang pesat, fasilitas-fasilitas semakin canggih, ilmu pengetahuan yang cepat menyebar luas, hingga berbagai informasi yang mudah didapatkan. Begitulah manusia mengupayakan dan memanfaatkan dunianya agar mudah dijelajahi, hanya bermodal satu jari pun kita bisa mengelilingi seluruh dunia, menambah wawasan, bertukar pemikiran, bertegur sapa, menambah hubungan dengan orang lain, serta mempererat persaudaraan sesama manusia.

Namun diantara banyaknya dampak positif dari perkembangan tersebut pastilah mempunyai dampak negatif, meskipun yang bisa menilai hanyalah pribadi masing-masing. Agama juga ikut andil dalam perkembangan zaman kali ini, seseorang yang tadinya ingin nyantri tapi tidak direstui oleh orangtua sekarang bisa hanya dengan modal duduk dan memegang handphone untuk mencari artikel keagamaan di google, yang tadinya terhalang oleh jarak, sekarang juga bisa streaming langsung lewat youtube, ingin diskusi keagamaan secara mudah tinggal lewat whatsapp, mempunyai ekonomi yang standar juga bisa baca karangan kitab ulama terdahulu dengan modal download di play store, sampai al-qur'an 30 juz beserta terjemahan dan tafsirnya mudah didapat, murottal para syekh terkenal juga langsung bisa didengar setiap hari. Seseorang yang lupa membawa quran, dzikir pagi petang, ataupun kitab maulid diba' saat sedang perjalanan juga langsung bisa membuka aplikasi di handphone dengan mudahnya.

Kadang kita juga perlu mengeluarkan sikap berbaik sangka pada seseorang, saat seseorang membuka handphone, yang kita tahu mereka bermain sosial media ataupun game kesukaan mereka, coba kita ubah pola pikir kita siapa tau mereka adalah para penghafal al-qur’an yang lupa membawa qurannya, ataukah santri yang sedang murojaah hadits? Ataukah seseorang yang mendengarkan kajian agama? Tapi dibalik kemudahan untuk memperoleh ilmu agama saat ini perlu juga diimbangi dengan talaqqi kepada guru, bukan hanya sekedar menerima tapi juga perlu menyaring ilmu yang kita dapat.
            Banyak fenomena yang kita temukan di luar sana  merubah perilaku hidup seseorang ke arah yang lebih religius, dengan bekal pengetahuan ilmu agama hanya dari dunia maya ataupun artikel google. Memang hal tersebut tidak dipermasalahkan jika kita dapat mengambil sisi yang baik, tapi belajar ilmu agama lewat internet juga perlu rujukan atau dasar yang telah diketahui sebelumnya, tidak asal mengambil ilmu tersebut tapi perlu disaring kebenarannya, apakah sudah sesuai dengan Islam yang penuh dengan kebaikan dan kedamaian?

            Talaqqi atau berhadapan dengan guru sebagai salah satu cara untuk meminimalisir ketidakfahaman beragama. Ada beberapa manfaat yang didapat secara bertalaqqi :

  1. Sang guru mempunyai silsilah keilmuan yang jelas dan sudah ahli dalam bidang tersebut sehingga murid tidak mengalami kesalahfahaman dalam beragama.
  2. Antara guru dan murid mempunya keserasian, dapat membantu antara satu sama lain dalam hal pembelajaran ilmu agama.
  3. Antara guru dan murid bisa langsung bertanya jika terdapat ketidakjelasan dari ilmu agama yang sedang dipelajari.
  4. Memandang wajah orang yang berilmu menambah semangat batin untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.
  5. Sebagai salah satu cara bersilaturahmi kepada guru, meminta ridho, do’a, dan nasehat secara langsung.
  6. Bertemu guru secara langsung termasuk keistimewaan dan kebanggaan tersendiri.

Dengan talaqqi seseorang akan lebih terbuka, membuka pikiran, lebih berlapang dada, tidak saling menyalahkan satu sama lain, menumbuhkan sikap toleransi beragama, hingga tidak ada anggapan siapa yang lebih unggul, karena Islam turun sebagai agama pembawa petunjuk dan pemberi kedamaian, sehingga keindahan Islam tidak dapat diragukan lagi. Maka jadikanlah ilmu yang telah diperoleh sebagai cara untuk menciptakan Islam yang benar-benar rahmatan lil alamin. Jadikan Rasulullah bangga terhadap apa yang telah kita capai untuk meneruskan perjuangan dakwah beliau. Shollu ‘ala nabi

Mutiara Rizqy Amalia
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar