Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Manfaat Bercocok Tanam






"Tiada seorangpun menanam suatu tanaman melainkan Allah menuliskan pahalanya sesuai dengan kadar buah-buahan yang dihasilkan dari tanamannya."

Salah satu hadits dari kitab Mukhtaarul Ahaadits an-Nabawi nomor 1068 yang disampaikan oleh Ustadz Thoriq salah satu dosen di UIN Malang. Kamis, 19 Juli 2018 pagi di Pondok Pesantren Darun Nun, di Perumahan BCT Karang Besuki, Malang.

Beliau menjelaskan hadits di atas bahwa menanam sangat penting, bukan hanya kemanfaatan bagi si penanam tapi juga kepada yang mengambil manfaat dari tanaman tersebut, baik buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain. Maka Allah akan mencatatat seberapa banyak tersebar hasil tanaman tersebut.

Bercocok tanam bukan hanya bermanfaat untuk si penanam, tapi juga bagi yang mengambil manfaat dari tanaman itu. Jikalau dimakan hewan berkaki empat dicatat sebagai shadaqah, kalaupun tidak maka ia akan menciptakan COyang menciptakan kemaslahatan.

Diantara manfaat bercocok tanam ialah :

1.      Mempercantik keindahan lingkungan.
2.      Meningkatkan level kesehatan dan kebahagiaan.
3.      Memperbaiki kualitas udara.
4.      Mengurangi perderan timbal dan gas beracun.

Menanam menjadikan visioner untuk anak cucu kelak, seperti pohon jati yang dimanfaatkan di masa depan. Beramal shaleh tidak harus bermanfaat secara langsung, tapi juga bisa berefek di masa datang.


Mutiara Rizqy Amalia 
 Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar