Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TERTARIK PROGRAM PP. DARUN NUN, DOSEN IAIN INGIN BUKA CABANG DI MADURA


Malang - "Menginspirasi" bagian dari misi PP. Darun Nun Malang. Setelah beberapa pondok melakukan studi banding ke PP. Darun Nun, kini juga mulai banyak berdatangan baik; pemerhati pondok, mahasiswa, dosen, dan lainnya untuk melihat-lihat pondok yang bermotokan "Berbahasa dan Berkarya" ini.
Pondok yang berada di lingkungan perumahan yang mampu hidup dengan banyak kreasi dan berkumpul dengan orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan, ekonomi dan lainnya, menyatu dan hidup dengan indah.
Pada hari Sabtu, 6/10/2018 ustadzah Nur Diana Arifah, M. Pd, salah satu dosen IAIN Madura tertarik untuk melihat lebih jauh aktifitas santri Darun Nun, setelah membaca dan mendengar tentang perkembangan PP. Darun Nun.
Beliau mendatangi dan melihat langsung aktifitas santri, banyak program yang membuat beliau terpukau, dari kegiatan kebahasaannya, kepenulisannya, sampai kegiatan taklimnya. Mullimnya (pengajar) yang rerata sudah magister dan doktor, dari dalam dan luar negeri. Tentunya, membuat ruh pondok ini semakin kuat.
Belum lagi program bahasa dan literasinya, yang menjadi andalannya, telah mampu mewarnai literasi di Indonesia.
Dosen bahasa Arab ini, sambil memperhatikan jadwal taklim pondok Darun Nun bergumam, "Pondok seperti ini langka sekali, apalagi punya ciri khas sendiri, dan luar biasanya keikhlasan saya temukan di sini". Ketika berdialog dengan Santri pun beliau menggunakan bahasa Arab, hal tersebut mengokohkan beliau, bahwa pondok ini bila terus istiqamah, maka dapat meramaikan percaturan Intelektual serta dapat menambah hazanah bangsa dengan baik.
Sebelum menutup dialog dengan santri dan pengasuh, beliau meminta izin untuk membuka cabang PP. Darun Nun di Madura, yang seluruh kegiatannya akan diterapkan di pondok cabang tersebut. "Insyallah, suatu saat, setelah santri Darun Nun menyebar, kami akan buka diberbagai penjuru Indonesia, apalagi sekarang ada yang dari Papua, Lampung, Sulawesi, dan lainnya, maka untuk membuka Indonesia dengan membaca dan menulis, memang harus diperbanyak Pondok Literasi dengan ruh keislaman yang kuat" kata pengasuh Pondok.
Allahua'lam bishawab. [DN-H]
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar