Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

kalau bukan kita siapa lagi




oleh : Neng sumiyati


Hari  ini aku tertegun ketika melihat beberapa mahasiswa  membawa kardus yang bertuliskan “ donasi untuk donggala”.Hal yang bisa aku cerna  adalah mereka dengan kepercayaan diri  mampu melawan ego masing-masing.Berdiri di tepi jalan, mencoba mengusir yang namanya arti lelah dan penat.Dan berbagai macam respon orang mereka terima dari yang enggan untuk memberikan donasi ataupun menyumpahi mereka dengan kalimat “ menjadi penggangu jalanan ”.

Bagiku mereka orang-orang yang berjiwa besar karena mampu mengusir rasa malu atau enggan untuk tidak peduli kepada orang yang bahkan bukan saudaranya sendiri, jarak yang jauh, dan tak pernah bertatap muka langsung.Mungkin ini yang dinamakan ada gerakan halus dari hati, sehingga mereka bisa melakukan itu.Selain itu juga, ada kalimat yang membuatku sadar “ kalau bukan kita siapa lagi”.Kalimat sederhana tapi luar biasa jika melakukannya dengan hati.

Siapa lagi yang akan peduli dengan teman-teman yang ada di donggala ataupun Lombok.Apakah harus menunggu bantuan dari pemerintah, atau bahkan dari luar negeri.Banyak orang yang  sangat sedikit sekali peduli dengan sesama temannya.Mereka mengeluarkan seribu alasan untuk membantu.Bahkan hanya memberikan beberapa rupiah pun ada orang yang masih enggan untuk merelakannya.Tapi apa kenyataannya sifat hedonisme menjadi kebiasaannya bahkan kepuasan, kemegahan itu hasratnya yang menyebabkan diri dan hatinya tidak tergerak untuk menolong sesama manusia.

Yang harus dibangkitkan adalah kesadaran diri.yang harus diingat adalah jangan pernah membedakan ras,suku,agama.Mereka adalah bagian dari keluarga kita yang harus dibantu.Seperti kata pepatah “ jika satu ada yang sakit maka semua juga akan terasa sakit.Karena semua itu saling berkesinambungan.Jika diri kita tercelup pada kemuliaan mana mungkin ada kejadian yang namanya kelaparan, maka sadarlah diri terhadap pengetahuan hati dan pengetahuan diri tentang kehidupan.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

1 komentar: