Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

All About Hoki


Oleh : Thibbiatul Mirza Amalya

             Istilah hoki saat ini sudah diketahui banyak orang, sehingga tak heran jika banyak pendapat mengenai arti hoki itu sendiri. Hoki adalah serapan Bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Hokkien yang mempunyai arti “peruntungan yang baik atau bernasib baik”. Sedang dalam bahasa Jawa disebut juga dengan (bejo) serta dalam bahasa Inggris adalah (lucky). Saat ini hoki menjadi keinginan setiap banyak orang. Semua orang ingin hoki. Semua orang ingin beruntung. Bahkan berbagai cara dilakukan agar mendapatkannya. Sedih jika gagal mendapatkan dan berhasil mendapatkan akan senang pada akhirnya.
            Kejadian kemarin membuatku berpikir serta merenungkan bagaimana seseorang bisa dengan mudahnya kejatuhan hoki secara percuma. Tanpa ada hal yang dilakukan namun bisa mendapatkan sesuatu yang besar. 22 Oktober 2018 tepat pada Hari Santri Nasional peristiwa itu terjadi. Saat para pengisi acara sibuk mengundi kupon berhadiah, dan audiens sibuk menyimak dan berharap nomer kupon dalam genggaman akan disebutkan. Akhirnya tiba dimana hadiah utama akan di undikan. Hadiah yang diharapkan dari kolongan muda hingga tua, yaitu berangkat ke tanah suci yang merupakan keinginan setiap orang.
            00234…suara mc memecah lapangan melebihi suara sebelumnya, mungkin faktor hadiah utama  sehingga harus disesuaikan dengan keadaan. Angka itulah yang berhasil muncul diantara beribu angka lainnya. Seseorang laki-laki bersarung dan berkopyah berlari tergopoh menghampiri panggung dan mencoba meyakinkan bahwa angka yang disebutkan sama dengan kupon yang ia genggam. Suara tepuk tangan bersautan mewakili ucapan selamat meski hati mencoba menerima dengan lapang. Para suara hati kecil mulai berontak bahwa hanya diri inilah yang berhak mendapatkannya.
            Singkat cerita…
            Beberapa menit kemudian ada beberapa afirmasi yang mengatakan bahwa si penerima hadiah merupakan seseorang yang selalu mampu tirakat dalam segala kondisi. Ia juga merupakan seseorang yang rajin dalam beribadah terutama saat sholat malam. Tak hanya hal itu, dia juga merupakan pembuka utama pintu masjid saat sholat. Seketika pikiran-pikiran yang mulanya mendeklarasikan bahwa hoki datang kepada seseorang secara kebetulan, hilang secara cepat. Allah selalu tahu apa yang diinginkan hambanya. Dan Allah memberikan sesuatu pada orang yang tepat dan selalu mengetahui apa yang hambanya butuhkan.
            Dapat disimpulkan bahwa hoki dapat mempertemukan kesempatan dengan sebuah persiapan. Adanya kesempatan karena perjuangan yang dilalui tanpa harus orang lain ketahui. Apa yang diimpikan itu merupakan kekuatan yang luar biasa. Setiap sesuatu yang dipersiapkan itu berproses hingga akhirnya mendapat hasil yang memuaskan nantinya. Jadi, jika kita ingin kejatuhan atau dijatuhi hoki maka harus tau apa yang dibutuhkan dan selalu meminta kepada-Nya melewati doa. Bukan berdoa secara instan tanpa melalui proses panjang.
            
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar