Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pengabdi Anak

Oleh Mutiara Rizqy Amalia
Banyak orang yang tak lepas dari kata "mengabdi", banyak orang yang tak lepas dari kata "khidmat", banyak orang yang tak lepas dari kata "berbakti". Semua kata itu sama dalam konteks "mendedikasikan diri untuk lingkungan sekitar", mungkin hanya penempatan dan objek yang berbeda. Bentuk pengabdian kepada orangtua, guru, lembaga, dan lingkungan merupakan perilaku yang seharusnya perlu dilestariakan. Banyak orang yang paham tentang pengabdian namun juga banyak orang yang semakin jauh dengan pengabdian.
Tentang pengabdian, kurasa semua orang pasti merasakan itu, hanya saja mereka tidak faham dan tidak peka dalam keadaan yang mereka perankan. Orangtua kepada anak, apa tugas orang tua hanya merawat dan mendidik? Jelas tidak, orangtua adalah aktor dan aktris terkeren sepanjang masa, orangtua mampu menempatkan posisi sesuai denganA adegan yang dimainkan. Tugas orangtua juga mengabdi, mengerahkan seluruh tenaga dan fikiran hanya untuk anaknya, dalam keadaan dan kondisi apapun, saat sakit pun orangtua memikirkan anak, sebaliknya jika anak sakit yang ada dalam pikiran orangtua adalah "kalau bisa sakitnya digantikan kepada saya". Begitu hebatnya orangtua bukan?
Banyak orangtua yang rela banting tulang, pergi pagi pulang sore, sampai lupa makan, lupa istrihat, itu semua karena apa kalau bukan untuk anaknyang dicintainya. Begitu semangatnya orangtua saat anak berada pada jenjang pendidikan dan bersungguh-sungguh untuk menggapai ilmu sebanyak-banyaknya. Ada pula orangtua yang sampai berhutang untuk membayarkan biaya pendidikan tanpa sepengetahuan anaknya, orangtua hanya bilang "sabar ya". Kalaupun anak sedang dalam perantauan dan orangtua bilang "kapan pulang" berarti orangtua sedang merasakan kerinduan yang sangat dalam kepada buah hatinya.
Mau membalas kebajikan orangtua? Tak akan bisa, sampai kapanpun dan sebesar apapun juga tidak akan cukup membalas semuanya. Hal kecil yang bisa membantu orangtua adalah do'a dari anak-anaknya, do'a untuk selalu sehat, diberikan rejeki yang lancar berkah, kuat dan tahan banting, do'a sudah cukup mewakili semuanya dan tentunya berbuat baik kepada orangtua juga perlu. Jangan lupa sebagai anak setelah shalat mengirimkan al-fatihah yang ditujukan kepada orangtua. Wallahu a'lam
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar