Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Berkhidmat dan Menyembah


 Oleh: Nur Gobel (IG: @penuturrasa)


Berkhidmat...

Apa sih berkhidmat itu?

Berdasarkan KBBI, bisa disimpulkan bahwa berkhidmat memiliki dua makna, yang pertama adalah sopan santun, dan yang kedua adalah mengabdi. Makna yang pertama lebih kepada pendekatan sifat(sopan dan santun) dimana hal tersebut berkaitan dengan diri kita sendiri dan merujuk kepada keindahan akhlak. Sedangkan makna yang kedua lebih mengarah kepada kata kerja(mengabdi), dimana dari hasil mengabdi itu dapat menciptakan suatu pengaruh atau perubahan terhadap sesuatu yang kita abdikan. Sebagai informasi, mengabdi sendiri diserap dari bahasa Arab ‘abada ya’budu yang artinya menyembah.

Bicara soal pengabdian, setiap dari kita pasti telah mampu menyebutkan contoh dari pengabdian tersebut, seperti pengabdian seorang anak kepada orangtuanya, warga negara kepada negaranya, dan lain sebagainya. Tentu bisa kita lihat sendiri pengaruh atau perubahan dari pengabdian-pengabdian yang telah disebutkan tadi. Lalu, bagaimana ketika kita mengabdi/menyembah kepada Allah? Apakah hal tersebut akan memberikan pengaruh atau perubahan kepada Allah? Jawabannya adalah tidak. Mengabdi atau tidaknya kita kepada Allah, tidak akan mempengaruhi sesuatu apapun terhadap zat-Nya. Allah tak akan rugi jika kita tak menyembah kepada-Nya, namun sebaliknya kita yang akan rugi dan merasa tak tahu diri hidup di dunia ini jika tak menyembah kepada-Nya, karena hakikat manusia diciptakan adalah untuk menyembah kepada Allah.

Setiap kita pasti ingin masuk surga, tapi hal yang sangat mustahil jika kita masuk surga tanpa menyembah kepada Allah.  Dalam penyembahan, diperlukan pendekatan untuk dapat lebih dekat kepada-Nya yang membuahkan sebuah ketenteraman jiwa yang hakiki.

Bersambung...



Pondok Pesantren Darun Nun BCT F3 No. 4 Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar