Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Antara Khidmat dan Ikhlas

         

          Oleh Ira Safira Haerullah
         Khidmat, kata sederhana yang memiliki banyak arti dan arti yang paling dikenal yaitu mengabdi,entah itu mengabdi kepadaNya atau kepada makhlukNya, mengabdi pun harus dengan jiwa raga  keduanya tidak bisa dipisahkan karena jika dengan raga saja, raga bisa pamrih, jika dengan jiwa saja karena jiwa pun bisa menjadi letih.
         Adapun macam - macam khidmat, seperti berkhidmat kepada Tuhan dengan cara menaati perintahNya dan menjauhi larangNya, berkhidmat kepada orang tua dengan cara memuliakan  beliau, menyayangi beliau,mendoakan beliau dan lain - lain berkhidmat kepada guru dengan cara menghormati guru dan lain - lain, dan yang terakhir yang paling banyak dilakukan mengatasnamakan khidmat, yaitu berkhidmat kepada masyarakat atau mengabdi kepada masyarakat dengan mengajar di sekolah, hidup bersama masyarakat dan membantu segala kebutuhan umum masyrakat.
        Terkadang banyak dari kita yang mengabdi karena paksaan atau tekanan, contohnya seperti kita mengabdi kepada masyarakat karena kewajiban dari lembaga - lembaga tertentu seperti universitas atau bahkan pondok, dengan perasaan berat dan terpaksa kita laksanakan. Disitu kebanyakan dari kita berniat salah, karena berniat semata - mata hanya untuk menghilangkan kewajiban tanpa niat yang ikhlas untuk mengabdi kepada masyarakat, lalu apa arti mengabdi tanpa ikhlas dari hati, semua seperti mati, sia - sia tak berarti.
Pondok Pesantren Darun Nun Malang Perum bukit cemara tidar f3 no 4
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar