Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Agama dan Negara

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Agama dan Negara

Alif Nur Lailiyah

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hormat, takzim. Sedangkan dalam istilah yaitu menggambarkan sesuatu yang damai.
Khidmat itu bisa dalam segala hal seperti khidmat kepada agama , khidmat kepada negara, khidmat kepada masyarakat dan berkhidmat dalam aspek kehidupan lainnya.
Khidmat kepada negara dan khidmat kepada agama adalah dua unsur yang saling berkaitan erat, Saat ini banyak yang salah mengartikan antara khidmat kepada agama dan khidmat kepada negara. Banyak sekali yang menganggap bahwa jika kita berkhidmat kepada negara berarti kita tidak mematuhi ajaran agama, islam terutamanya. Seperti banyak yang terjadi di Indonesia saat ini banyak yang memerangi negara dengan alasan berkhidmat untuk agama dengan menegakkan negara  islam. Tapi hakikatnya tidak lah seperti itu jika kita simak perjuangan para pejuang  untuk memerdekakan negara ini dari tangan penjajah para ulama juga ikut andil dalam memperjuangkannya. Dan di bentuknya undang-undang beserta dasar negara ini ulama juga ikut membentuknya. Berhati – hati dijaman seperti ini itu penting sekali.jangan asal berguru, jangan asal mendalil jika itu belum jelas. pelajari akarnya jangan langsung memetik buahnya. Hingga menimbulkan kesimpulan yang tiada sumber yang jelas. Oleh karena itu penting sekali kita belajar pada guru yang benar-benar jelas sanad dan keilmuannya. Karena dari guru dan ilmunyalah itu karakter dan keilmuaan kita terbentuk.
Berkhidmat kepada negara mengingatkan saya pada nasihat dari salah satu guru saya, beliau berkata “ Indonesia ini kaya, kaya akan budaya kaya akan keragaman banyak suku yang hidup disini dan banyak pula agama yang dianut oleh penduduknya. Semua Penduduknya berhak mendapat keadilan. Begitu indahnya hidup di Indonesia semua penduduknya beragam keagamaan dan bisa hidup berdampingan, Beribadah tanpa ada larangan dari umat yang lain. Begitu indahnya  Indonesia ini. Biarkan Indonesia ini tetap menjadi indonesia yang kaya akan keanekaragamannya. Jangan jadikan negara yang lain sebutannya.”  
Islam adalah rahmatan lil alamin. Jangan menggambarkan islam penuh dengan paksaan rangkul mereka dengan kasih sayang, jangan dengan kekerasan. Jangan hanya takut serangan dari luar tapi dalamnya juga diperhatikan. Agar para penerus islam tidak hanya tau luarnya saja tapi ajari mereka hingga akarnya. Hingga akhirnya mereka bisa membedakan mana yang harus dibela dan mana yang harus mereka jauhi . Jadikan mereka  muslim yang faham akan ajaran islam tanpa memusuhi negaranya sendiri.  


Malang, 29 September 2018



Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar