Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kecil Tapi Berarti


Oleh : Mutiara Rizqy Amalia


Saat ini mungkin banyak orang yang melupakan sesuatu yang seharusnya perlu diperhatikan, suatu tujuan, ataupun hasrat untuk melakukan suatu perbuatan, apa itu? Niat. Niat itu memang terlihat kecil, tapi berarti. Dalam kitab Arbain Nawawi hadits nomer satu, disebutkan bahwa Innama  al-a’malu bi an-niyah (segala perbuatan tergantung pada niat).
Memang mudah jika hanya sekedar berucap, tapi yang paling penting apakah niat tersebut muncul dari hati atau hanya di bibir saja? Hati adalah sumber segala perbuatan. Seperti yang pernah diucapkan oleh salah satu ustadzah di Ma’had  2 tahun yang lalu, dalam pembelajaraan ta’lim ilmu fiqih, bahwa dalam sholat niat juga perlu dinyatakan, meskipun hanya sekedar krentek di hati tapi itu sudah termasuk niat.
Dalam salah satu buku Habib Novel Alaydrus dengan judul Goresan Penaku , di bab 1 beliau menjelaskan secara gamblang apa saja yang perlu diperhatikan dalam hal niat. Saat ini banyak niat yang menuju kemaksiatan namun dibalut dengan pakaian ketaqwaan. Setan memang paling ahli dalam hal menggoda manusia, apapun itu setan akan berusaha menjerumuskan manusia dalam hal yang tidak disukai oleh Allah.
Perlu dipertanyakan kembali, apakah niat kita dalam melakukan banyak hal sudah benar? Apakah menggunakan hijab syar’i sekedar mengikuti trend? Apakah dengan nikah muda mencari solusi ataukah sensasi? Apakah mencari ilmu di perguruan tinggi hanya mencari gelar? Apakah semua yang kita lakukan memang benar-benar niat dengan tujuan kebaikan ataukah hanya sekedar kemaksiatan yang dibungkus dengan ketaqwaan?
Mari perbarui niat yang telah dibangun sejak awal, jangan sampai niat itu hanya sekedar embel-embel “pokoke niat”.




Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar