Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

STOP BERDALIH. MULAI BERAKSI



Oleh Dyah Ayu Fitriyesss

Ceritanya saya mau menindaklanjuti tulisan tempo hari tentang Islam Mooc, kursus online massive yang kredibel tentang islam. Ternyata di beberapa platform Mooc luar negeri seperti Edx, Coursera, Futurelearn sudah mulai membuka beberapa tema islam tersebut sebagai kursusnya. Tema yang diangkat pun menarik, mulai dari tentang peradaban islam, quran dan beberapa tema lain. Salah satu tema yang menarik yang saya capture di sini adalah tentang muslim di UK.
Ketika saya lihat profil pencetus tema tersebut adalah seorang professor perempuan dari UK. Luar biasa sekali beliau mendirikan sebuah Pusat pengkajian islam. Fokusnya untuk meluruskan kesalahpahaman tentang islam, dimana berita yang banyak bermunculan adalah tentang keburukan dan kekerasan dalam islam. Prof Gilliat ingin menunjukkan bahwa bahkan di UK komunitas islam masih tetap eksis dan bahkan saat ini menduduki salah satu agama dengan jumlah pengikut terbanyak ke dua di UK.
Saya merasa terhenyak mendapatkan info tentang usaha beliau di sana. Sebagai kaum milenial yang sudah melek teknologi, saya merasa masih banyak mengeluh. Duh gimana sih para penyebar keburukan islam ini. Duh gimana sih kok orang-orang malah ngikutin akun-akun dan pemimpin-pemimpin yang beginian. Dan banyak keluhan-keluhan yang lain. Parah lagi jika melihat di instagram, facebook dan banyak sosmed lain yang isinya saling hujat, saling menyalahkan saling mengkafirkan. Apa untungnya dengan berlaku seperti itu?
Kembali ke prof Gilliat tadi. Kalau saja lebih banyak orang yang melakukan hal yang sama seperti beliau. Menyadari masalah dan mulai mencari solusinya. Mulai melakukan bahkan hal-hal kecil yang bisa dilakukannya. Sepertinya tidak ada ketidakmungkinan untuk menciptakan islam yang ramah dan penuh cinta. Kalau kita anak muda atau santri, mulai dengan posting yang baik-baik, buat komunitas belajar dengan meminta bantuan ustad atau kiai untuk memberikan ilmunya. Kalau memiliki keahlian di bidang teknologi, mulai dengan membuat aplikasi atau platform yang bermanfaat. Bagi para musisi menciptakan lagu yang sarat akan kebaikan. Bagi para sastrawan berkarya untuk kebaikan sosial dan beragama. Tidak harus muluk. Sedikit dan sekecil apapun yang kita lakukan, Allah tahu dan selalu menghitung itu. Lebih dari itu intansurullah yansurkum. Ketika kamu membantu agama allah allah akan membantumu. Tau kan arti Allah membantumu? Berarti tak ada hal yang tak mungkin dalam kebaikan itu sulit bagimu.
Mari beraksi dan tutup mulut dan tangan rapat2 untuk berdalih.


 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar