Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Sapaan Angin Shubuh



Dulur-dulur enggal-enggal ndang tangio...
Sholat shubuh berjama’ah kang utomo...
Mumpung isih lawang tobat iku mengo...
Mumpung isih lawang tobat iku mengo...
Lamun den tutup bakal susah awak iro...
Awak iro bakal manjing ing neroko...
لااله الا انت... يا حي يا قيوم...يا ذالجلال والإكرام... امتنا على دين الإسلام والإيمان...
   

"Itu adalah salah satu pujian jawa yang biasa dilantunkan ketika shubuh, kalau di Pesantrenku dulu. Bagaimana dengan kalian, adakah yang pernah tau pujian itu juga???"
     
Teringat di waktu shubuh suatu ketika. Kala hembusan dingin angin shubuh tiba-tiba membisikkan kenangan. Yah, tiba-tiba teringat puji-pujian sebelum sholat shubuh semasa dulu masih di Pesantren, masa sekolah sebelum kuliah. Pujian itu sudah bertahun lamanya tidak pernah aku dengar lagi, sejak di Malang. Tapi liriknya masih terngiang jelas. Awalnya aku heran, kenapa di Malang tidak pernah ada puji-pujian seusai adzan sambil menunggu iqomah. Pujian itu, benar-benar terngiang ngiang membisikkan kerinduan yang amat terasa. Rindu, begitu rindu... kala shubuh di Pesantren, dengan mata berat untuk terbuka tapi memaksa kaki untuk tetap melangkah mengambil air wudhu. Berdiri dalam antrian sambil mata masih terpejam menunggu giliran. Meski demikian, telinga sudah mampu menangkap suara, suara pujian itu. Diulang berkali-kali, hingga merasuk di alam bawah sadar. Berhembus bersama angin, begitu dingin menyejukkan hati, menggetarkan nurani. Nada pujian itu begitu sendu. Ada yang bilang sebenarnya pujian macam itu di kala shubuh malah bakal bikin ngantuk aja. Tapi bukan itu perkaranya, meski begitu mendayu-dayu tapi justru  ia dapat merasuk begitu dalam menembus dinding hati. Ya Robb...!!! kerinduan ini kau hadirkan perlahan, namun terasa begitu mendalam. Harapku, semoga kita semua selalu dalam naunganNya, selalu mengingatNya. Dan selalu yakin atas betapa luasnya Rahman RahimNya...
يا ذالجلال والإكرام... امتنا على دين الإسلام والإيمان...

Malang, 08 Mar. 18
Cahaya_Ma’rifaht
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar